📱 OJK Siapkan Aturan Bank Digital / by Stockbit Snips

Source: Kompasiana.com

Source: Kompasiana.com

Komoditas 6 April.png

Halo Stockbitor, 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menyusun rancangan aturan transformasi digital perbankan tahun 2021. Penyusunan rancangan aturan ini dipicu oleh adanya tren perpindahan dari bank tradisional ke bank digital seiring dengan terjadinya perkembangan teknologi informasi.

Terdapat lima aspek cakupan yang akan dibahas dalam rancangan aturan tersebut, yaitu data, kolaborasi, manajemen risiko, teknologi, dan tatanan institusional yang dilengkapi dengan pilar dukungan terhadap inovasi.

Secara umum pendirian bank digital akan terbagi menjadi dua kelompok yakni, pendirian bank baru yang beroperasi sebagai bank digital dengan modal inti minimal 10 triliun rupiah dan bank konvensional yang bertransformasi menjadi bank digital.

In other news, per 6 April 2021, pemerintah kembali memperluas cakupan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro ke lima provinsi lainnya setelah menerapkannya di lima belas provinsi sebelumnya.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Bank Sentral Tiongkok Rilis Mata Uang Digital

Source: The Hindu

Source: The Hindu

  • Tiongkok: Pertama di dunia, Tiongkok menciptakan mata uang digital yang tidak bergantung pada sistem keuangan global. Berbeda dengan cryptocurrency lainnya, mata uang digital ini dikendalikan sepenuhnya oleh bank sentral Tiongkok. Ke depannya, "cyber-yuan" ini diharapkan dapat digunakan secara internasional untuk menyaingi dominasi dolar AS.

  • Singapura: Pemerintah Singapura menjalin kerja sama dengan International Air Transport Association (IATA) untuk merilis sertifikat digital bagi pengunjung sebagai persiapannya sebelum membuka pintunya pada Mei mendatang. Sertifikat tersebut akan berperan sebagai izin perjalanan yang menyatakan bahwa pemiliknya telah menjalani tes Covid-19 dan mendapat vaksinasi.

  • Yordania: Pangeran Hamzah, adik tiri dari Raja Abdullah II dan mantan pewaris takhta Jordania menjadi tahanan rumah pada Sabtu (03/04) kemarin. Keputusan ini dilandasi rumor yang menyatakan bahwa Pangeran Hamzah sedang merencanakan kudeta yang membahayakan keamanan dan stabilitas negara.

  • Kosovo: Parlemen Kosovo resmi menetapkan Vjosa Osmani sebagai Presiden Kosovo pada Minggu (04/04) lalu. Keputusan ini membuat Osmani menjadi presiden perempuan kedua di Kosovo sejak perang berakhir pada tahun 1999.


 🕷 #MusimLaba Kalbe Farma

Source: CNBC Indonesia

Source: CNBC Indonesia

Kalbe Farma ($KLBF) adalah perusahaan farmasi yang berdiri sejak tahun 1966. Beberapa produk yang dimiliki Kalbe Farma adalah Komix, Woods, Entrostop, Fatigon, Promag, Mixagrip dan Extra Joss.

Kalbe mengategorikan bisnisnya menjadi empat divisi, yaitu distribusi dan logistik (33,5% total pendapatan), divisi nutrisi (29,2%), divisi obat resep (21,5% total pendapatan), divisi produk kesehatan (15,7% total pendapatan).

Sepanjang tahun 2020, Kalbe berhasil mencatatkan kenaikan total pendapatan sebesar 2,12% YoY menjadi 23,11 triliun rupiah.

Peningkatan juga terjadi pada laba bersih Kalbe yang naik sebesar 10,32% YoY menjadi 2,8 triliun rupiah.

Peningkatan tersebut terjadi karena beberapa faktor, antara lain terjadinya peningkatan permintaan terhadap produk perusahaan seperti suplemen dan vitamin serta efisiensi perusahaan dalam mengendalikan biaya operasional dan tarif pajak yang rendah.

Pada akhir tahun 2020, total kas dan setara kas Kalbe naik 71,3% menjadi 5,2 triliun rupiah. Kenaikan ini juga diikuti oleh total liabilitas dan ekuitas yang naik 11,4% menjadi 22,5 triliun rupiah.

Bagaimana proyeksi perusahaan terhadap laba bersih tahun 2021 mempertimbangkan pandemi Covid-19 yang belum selesai?

Pihak manajemen Kalbe memproyeksikan angka pertumbuhan terhadap laba bersih dan penjualan bersih sepanjang tahun 2021 sebesar 5-6%.

Dengan naiknya laba bersih perusahaan, bagaimana kebijakan pembagian dividen untuk para pemegang saham?

Perusahaan tetap mempertahankan rasio pembagian dividen di level 45% sampai 55% dari total laba bersih. Hal ini diambil dengan mempertimbangkan dana untuk kebutuhan pendanaan internal.


Saham Top Gainer hari ini:
$ASSA (+10,62%)
$SMRA (+7,18%)
$WOOD (+6,41%)
$TINS (+6,27%)

Saham Top Loser hari ini:
$DOID (-2,59%)
$JPFA (-2,43%)
$ELSA (-2,35%)
$MIKA (-2,30%)

Performa sektor hari ini:
MINING (+2,22%)
PROPERTY (+1,02%)
TRADE (+0,96%)
INFRASTRUCTURE (+0,83%)
BASIC-IND (+0,69%)
MISC-IND (+0,33%)
FINANCE (+0,23%)
AGRI (+0,14%)
CONSUMER (-0,07%)



Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bukit Asam ($PTBA) menyetujui pergantian direksi dan rencana pembagian dividen sebesar 35% dari perolehan laba bersih 2020.

  • Semen Indonesia ($SMGR) menggandeng BNI ($BBNI) dalam menerapkan digital value chain untuk membiayai mitranya, terutama para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang mendistribusikan produk semen dan non-semen. Kolaborasi kedua BUMN ini akan membuka peluang pembiayaan hingga dua triliun rupiah.

  • Bali Towerindo Sentra ($BALI) memperoleh fasilitas kredit senilai tujuh ratus miliar rupiah dari Bank Mandiri ($BMRI) untuk pembiayaan cashflow gap kegiatan usaha, termasuk utang ke Bank Sinarmas ($BSIM) dan Indonesia Infrastructure Finance (IIF).

  • Krakau Steel ($KRAS) akan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung melalui anak usahanya, Krakatau Tirta Industri. Proyek ini ditaksir menelan biaya investasi sebesar empat belas juta dolar AS.


Penulis: Sarah Natassja
Editor: Calvin Kurniawan, Almer Dzaki, Theodore Henoch, Michael Owen Kohana