🤝 Investasi Pelabuhan Baru UEA di Indonesia / by Stockbit Snips

Source: Construction Business Today

Source: Construction Business Today

komoditas 8 maret 2.png

Halo Stockbitor, 

Operator pelabuhan asal Uni Emirat Arab (UEA), DP World, bersama Maspion Group akan membangun pelabuhan kontainer di Gresik, Jawa Timur senilai 17,2 triliun rupiah. Terminal peti kemas tersebut nantinya akan memiliki kapasitas sebanyak tiga juta twenty-foot equivalent units (TEU) per tahun.

Pelabuhan tersebut nantinya akan menyaingi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang saat ini hanya memiliki kapasitas sebanyak 1,4 juta TEU per tahun. Namun, kapasitas tersebut masih di bawah Pelabuhan Tanjung Priok yang mencapai delapan juta TEU per tahun.

Selain itu, lima puluh investor berkomitmen untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Sulawesi Utara yang akan mengusung tema sustainaibility concept dan Smart Tourist Destination (STD). Investasi tersebut diharapkan mampu menyerap investasi hingga lima triliun rupiah dan 65 ribu tenaga kerja.

In other news, PLN menargetkan bahwa produksi listrik dari energi baru terbarukan dapat mencapai 1,8 gigawatt hingga tahun 2025 menggunakan bahan bakar biomassa dari 52 PLTU.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Uni Eropa Melarang Ekspor Vaksin AstraZeneca ke Australia

unnamed (4).jpg

Uni Eropa: Uni Eropa dan Pemerintah Italia melarang ekspor vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Australia karena gagal memenuhi kontrak dosis vaksin yang dijanjikan ke Eropa. Hal ini agar AstraZeneca menghormati kontrak pengadaan vaksin yang telah disepakati.

Amerika Serikat: Senat AS telah mengesahkan paket stimulus Covid-19 senilai 1,9 triliun dolar AS pada hari Sabtu (6/3). Selanjutnya, DPR AS akan mengesahkan paket tersebut pada Selasa (9/3) yang kemudian akan ditandatangani oleh Joe Biden sebelum 14 Maret 2021.

Malaysia: Grup AirAsia akan meluncurkan layanan taksi udara dan kurir drone sebagai upaya diversifikasi bisnis di tengah pandemi Covid-19. Taksi udara tersebut nantinya akan memiliki kapasitas angkut sebanyak lima orang dan kurir drone saat ini telah memasuki tahap uji pelayanan.

Tiongkok: ByteDance akan meluncurkan aplikasi tandingan Clubhouse di Tiongkok. Upaya ini dilakukan setelah pemerintah Tiongkok memblokir penggunaan aplikasi Clubhouse pada awal Februari 2021.

Israel: Perusahaan rintisan asal Israel, StoreDot, mengembangkan teknologi isi ulang baterai mobil listrik dari kosong hingga penuh hanya dalam lima menit. Perusahaan tersebut telah sukses melakukan uji coba isi ulang pada handphone, drone, dan skuter yang kemudian akan dilakukan uji coba pada mobil listrik.


 🕷 #MusimLaba Adaro Energy dan Indo Tambangraya Megah

unnamed (5).jpg

Perusahaan batu bara Adaro Energy ($ADRO) dan Indo Tambangraya Megah ($ITMG) sama-sama mencatatkan penurunan laba bersih tahun 2020 sebesar 63% dan 70% terhadap laba bersih tahun 2019, menjadi 158 juta dolar AS dan 38 juta dolar AS.

Ringkasan kinerja keuangan Adaro Energy:

  • Pendapatan tahun 2020 sebesar 2,5 miliar dolar AS, menurun 27% secara YoY.

  • Penjualan batu bara tahun 2020 sebesar 54,1 juta ton, menurun 9% secara YoY.

  • Harga jual rata-rata (ASP) tahun 2020 menurun 18% secara YoY.

  • EBITDA tahun 2020 sebesar 883 juta dolar AS, menurun 27% secara YoY.

  • Rata-rata stripping ratio perusahaan tahun 2020 sebesar 3,8x. Stripping ratio (nisbah kupas) adalah rasio antara dalamnya tanah penutup yang harus dibongkar untuk mendapatkan satu ton batubara. Oleh karena itu, stripping ratio berhubungan langsung dengan biaya perusahaan.


Ringkasan kinerja keuangan Indo Tambangraya Megah:

  • Pendapatan tahun 2020 sebesar 1,1 miliar dolar AS, menurun 31% secara YoY.

  • Penjualan batu bara tahun 2020 sebesar 21,2 juta ton, menurun 16% secara YoY.

  • Harga jual rata-rata (ASP) tahun 2020 sebesar 53,5 dolar AS per ton, menurun 17% secara YoY.

  • EBITDA tahun 2020 sebesar 187 juta dolar AS, menurun 23% secara YoY.

  • Rata-rata stripping ratio perusahaan tahun 2020 sebesar 10,1x.


💰What to watch for: This Week 

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Jepang: Pertumbuhan PDB Kuartal-IV 2020 (Selasa)

  • Tiongkok: Neraca perdagangan (Selasa) dan tingkat inflasi (Rabu) bulan Februari 2021.

  • Jerman: Neraca perdagangan bulan Januari 2021 (Selasa)

  • Amerika Serikat: Tingkat inflasi inti bulan Februari 2021 (Rabu)

  • Kanada: Penetapan suku bunga bank sentral (Rabu)

  • Inggris: Neraca perdagangan bulan Januari 2021 dan pertumbuhan PDB Kuartal-IV 2020 (Jumat)

Agenda emiten minggu ini:
Initial Public Offering (IPO) Ulima Nitra ($UNIQ) dan Berkah Beton Sadaya ($BEBS).
Listing date: 8 Maret dan 10 Maret 2021

Profil Ulima Nitra
Ulima Nitra didirikan pada tahun 1992 dan berlokasi di Palembang, Sumatra Selatan. Perusahaan bergerak di bidang pertambangan dan penggalian minyak bumi dan gas alam, pengelolaan air limbah dan daur ulang sampah, konstruksi, pengangkutan, dan aktivitas penyewaan dan sewa guna usaha.

Perusahaan akan menerbitkan 300 juta lembar saham pada harga 118 rupiah per lembar saham, sehingga perusahaan akan memperoleh dana sebesar 35,4 miliar rupiah.

Dana tersebut akan digunakan untuk belanja modal perusahaan.

Profil Berkah Beton Sedaya
Berkah Beton Sedaya didirikan pada tahun 2019 dan berlokasi di Subang, Jawa Barat. Perusahaan bergerak di sektor pendukung infrastruktur dengan memproduksi beton ready mix dan precast. Beton yang dihasilkan perusahaan sudah diolah dan siap digunakan pada proses pembangunan.

Perusahaan akan menerbitkan dua miliar lembar saham pada harga seratus rupiah per lembar saham, sehingga perusahaan akan memperoleh dana sebesar 200 miliar rupiah.

Dana tersebut akan digunakan untuk membeli tanah dan belanja modal lainnya.


Saham Top Gainer hari ini:
$ASSA (+25,00%)
$AKRA (+9,41%)
$UNTR (+7,00%)
$MIKA (+6,98%)

Saham Top Loser hari ini:
$INCO (-6,21%)
$ANTM (-5,78%)
$TINS (-5,29%)
$SMSM (-3,33%)

Performa sektor hari ini:
AGRI (+2,11%)
INFRASTRUCTURE (+0,73%)
TRADE (+0,68%)
MISC-IND (+0,57%)
BASIC-IND (+0,31%)
PROPERTY (+0,21%)
FINANCE (-0,44%)
CONSUMER (-0,52%)
MINING (-2,70%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire gif.gif
  • Mitra Keluarga ($MIKA) menyiapkan capex 350 miliar rupiah untuk membangun rumah sakit baru dan mengakuisisi dua rumah sakit.

  • Merdeka Copper Gold ($MDKA) melakukan private placement senilai 2,43 triliun rupiah pada harga 2.420 rupiah per lembar saham kepada Macquarie Capital Ltd.

  • Smartfren Telecom ($FREN) akan right issue sebesar 700 miliar rupiah untuk melunasi pinjaman yang akan jatuh tempo dan sebagai modal kerja.

  • Pertamina menandatangani kerja sama dengan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) senilai dua miliar dolar AS untuk memenuhi kebutuhan pasokan LPG domestik.

  • Wijaya Karya ($WIKA) telah memperoleh kontrak baru senilai 2,67 triliun rupiah.