🤝 Swiss Buka Pintu untuk CPO Indonesia / by Stockbit Snips

Source: CNBC

Source: CNBC

Komoditas 9 maret 2.png

Halo Stockbitor, 

Swiss secara resmi telah menghapus bea masuk untuk produk minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) asal Indonesia.

Kesepakatan ini terjadi usai referendum, di mana 51,7% penduduk Swiss menyetujui perjanjian dagang Indonesia-Swiss. Sebagai latar belakang, produk CPO Indonesia sempat terganjal kampanye negatif oleh Uni Eropa terkait keberlanjutan lingkungan.

Keterbukaan Swiss terhadap produk CPO Indonesia diharapkan dapat memberi preseden kepada negara Uni Eropa lainnya bahwa CPO Indonesia ramah lingkungan. Sebagai imbal balik, Pemerintah Indonesia juga membebaskan bea masuk bagi produk impor dari Swiss, seperti keju, jam tangan, dan produk farmasi.

Volume ekspor Indonesia ke Swiss memang masih kecil, total nilai perdagangan Indonesia-Swiss di 2020 hanya mencapai 3,10 milyar dolar AS. Namun, diharapkan kesepakatan ini dapat menjadi pintu bagi Indonesia untuk mendongkrak ekspor CPO ke negara Uni Eropa lainnya.

In other news, OJK mewacanakan pembatasan portofolio investasi perusahaan asuransi. Pembatasan tersebut mengatur penempatan investasi bagi pihak yang terafiliasi dengan perusahaan paling banyak 10% dari aset masing-masing sub-dana.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Korea Selatan Bahas "Netflix Law"

unnamed (7).jpg

Korea Selatan: Pemerintah Korea Selatan tengah menggodok "Netflix Law". Ketentuan ini akan mewajibkan online services provider besar untuk melakukan pemeliharaan terhadap kualitas jaringan. Netflix, Kakao, Google, dan Facebook termasuk dalam daftar tersebut.

Thailand: Mulai bulan depan, Thailand akan memotong masa karantina bagi wisatawan asing dari 14 hari menjadi 7 hari. Peraturan ini ditujukan bagi wisatawan yang telah divaksinasi. Kebijakan ini bertujuan untuk mendongkrak kembali sektor pariwisata.

Arab Saudi: Fasilitas minyak Saudi Aramco di Ras Tanura dirudal oleh pesawat nirawak (drone). Kelompok pemberontak Houthi mengklaim diri sebagai dalang atas penyerangan tersebut. Kejadian ini menyebabkan kenaikan harga minyak mentah Brent tembus di atas level 70 dolar AS per barel.

Jepang: Panasonic Corp akan membeli saham Blue Yonder, perusahaan perangkat lunak dari AS, senilai 700 milyar yen yang diperkirakan akan menggunakan kas internal perusahaan. Pembelian ini menjadi akuisisi terbesar yang dilakukan Panasonic sejak 2011.


 🕷 #MusimLaba Mitra Keluarga

unnamed (8).jpg

Emiten rumah sakit Mitra Keluarga ($MIKA) telah merilis laporan kinerja 2020. Hingga akhir tahun, Mitra Keluarga memiliki 25 rumah sakit dan didukung oleh 1.634 dokter, di mana 1.342 di antaranya merupakan dokter spesialis. Tercatat pendapatan perusahaan tumbuh 6,6%, diikuti pertumbuhan laba bersih sebesar 17,6%, menjadi 930 milyar rupiah. Dengan begitu, Mitra Keluarga berhasil meningkatkan net profit margin (NPM) dari 24.7% di 2019 ke 27.2% di 2020.

Ringkasan kinerja operasional Mitra Keluarga:

  • Kapasitas ranjang naik 8,0% menjadi 3.105 unit di 2020

  • Jumlah pasien keseluruhan mengalami penurunan sebesar 20,3%. Untuk detilnya, pasien rawat inap turun 8,3%, sementara pasien rawat jalan turun 23,0%.

  • Namun pendapatan per pasien rawat inap meningkat 23,6%, begitu juga dengan rawat jalan yang tumbuh sebesar 24,3%.

  • Mitra Keluarga mengalokasikan 33,4% ranjang untuk pasien Covid-19, atau ekuivalen dengan 1.039 ranjang.

  • Tingkat keterisian ranjang (bed occupancy rate) Rumah Sakit Mitra Keluarga berada di level 53,8%.


😷 Pemerintah Resmi Perpanjang PPKM

Pemerintah telah resmi memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyaratat (PPKM) skala mikro. Hal ini disampaikan oleh Airlangga Hartarto, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), dalam keterangan pers hari Senin, 8 Maret 2021. Kebijakan ini akan diberlakukan mulai hari ini hingga dua minggu ke depan, atau sampai 22 Maret 2021.

Namun, kali ini lingkup wilayah PPKM diperluas ke tiga provinsi tambahan, mencakup Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. Airlangga Hartarto menegaskan bahwa keputusan ini didasarkan pada situasi yang masih dinamis.

Dengan adanya perpanjangan PPKM, diprediksi akan terjadi perlambatan laju pemulihan ekonomi pasca Covid-19.


Saham Top Gainer hari ini:
$MAIN (+8,39%)
$JPFA (+5,61%)
$CPIN (+4,76%)
$PNBN (+4,11%)

Saham Top Loser hari ini:
$BBTN (-6,98%)
$ASSA (-6,94%)
$MIKA (-6,53%)
$PSAB (-6,09%)

Performa sektor hari ini:
BASIC-IND (+0,56%)
AGRI (-0,12%)
MISC-IND (-0,40%)
FINANCE (-0,84%)
PROPERTY (-0,87%)
TRADE (-0,91%)
CONSUMER (-1,06%)
INFRASTRUCTURE (-1,20%)
MINING (-1,51%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire gif.gif
  • Indonesia kedatangan kloter pertama vaksin AstraZeneca, yang terdiri atas 1,11 juta dosis, melalui skema Covax. Vaksin tersebut tiba di Jakarta pada Senin sore.

  • Ramayana ($RALS) berencana melakukan buyback saham, sebanyak-banyaknya 5% dari modal disetor. Buyback ini diperkirakan menelan biaya sebesar 350 milyar rupiah.

  • Clover Universal Enterprise Ltd. menambah kepemilikan saham $CENT (Centratama Telekomunikasi Indonesia), menjadikan Clover memiliki 47,95% porsi saham.

  • Adaro Indonesia ($ADRO) mulai mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), menyambut target bauran energi terbarukan sebesar 31% di 2030.

  • Waskita Toll Road (WTR), anak perusahaan Waskita Karya ($WSKT), telah sepakat menjual seluruh sahamnya di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (JMKT) senilai 824 milyar rupiah.