🚗 Kunjungi Jepang, Menperin Siap Genjot Ekspor Produk Otomotif / by Stockbit Snips

Source: CNBC

Source: Medcom.id

unnamed (10).jpg

Halo Stockbitor, 

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, berangkat ke Tokyo pada Selasa lalu (9/3). Agenda kunjungan ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong komitmen investor Jepang di sektor otomotif. Strategi ini dinilai dapat menggairahkan kembali ekspor mobil yang mengalami penurunan penjualan selama pandemi Covid-19.

Rencananya, Menperin akan bertemu sejumlah perusahaan otomotif Jepang, seperti Toyota Motor, Mitsubishi Motors, Honda, Suzuki, dan Mazda. Selain itu, Menperin juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Hiroto Izumi selaku Penasehat Perdana Menteri Jepang dan Hiroshi Kajiyama selaku Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang.

Indonesia berupaya memikat perusahaan otomotif Jepang dengan memperkenalkan berbagai insentif regulasi yang telah disiapkan pemerintah, seperti penurunan tarif pajak penjualan kendaraan bermotor dan stimulus untuk pengembangan mobil listrik berbasis baterai.

In other news, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin AstraZeneca untuk program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan hasil pemantauan, vaksin AstraZeneca dengan dua dosis standar menunjukan efikasi sebesar 62,1%.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Tiongkok Resmi Meratifikasi RCEP

unnamed (11).jpg

Tiongkok: Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Luo Zhaohui, menyampaikan bahwa pemerintahnya telah secara resmi meratifikasi perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP). Hal ini dibutuhkan dengan urgensi adanya perubahan dinamis setelah kemunculan Covid-19. Kerja sama yang disepakati mencakup beberapa bidang, seperti kesehatan, teknologi dan inovasi, transformasi digital, serta ekonomi dan masyarakat.

Yunani: Aksi demo menolak kekerasan polisi di Yunani berujung kerusuhan antara pengunjuk rasa dan aparat. Aksi unjuk rasa ini berlangsung di Nea Smyrni, sebuah wilayah di pinggiran ibukota Athena. Para demonstran yang berjumlah sekitar lima ribu orang berupaya menuntut keadilan setelah salah satu penduduk di daerah tersebut dianiaya polisi pada akhir pekan lalu.

Paraguay: Presiden Paraguay, Mario Abdo Benitez, mengumumkan reshuffle kabinet setelah diguncang unjuk rasa atas penanganan pemerintah terhadap pandemi Covid-19. Presiden akhirnya mengumumkan bahwa akan ada orang-orang baru yang mengisi posisi di kementerian kesehatan, pendidikan, masalah perempuan, dan urusan sipil.

Brasil: Mahkamah Agung Brasil membatalkan semua dakwaan korupsi terhadap mantan presiden Brasil, yaitu Luiz Inacio Lula da Silva. Hakim Edson Fachin membatalkan empat dakwaan terhadap Lula dalam kasus korupsi besar-besaran yang berpusat pada perusahaan minyak negara Brasil, Petrobras. Sebelumnya, Lula diduga melakukan pencucian uang terkait kasus suap dari perusahaan konstruksi Odebrecht dan perusahaan minyak dan gas Brasil, Petrobas dengan berkedok sumbangan.

India: Covaxin, vaksin buatan India yang didukung pemerintah, menunjukkan tingkat kemanjuran 81%. Data ini didapatkan setelah uji coba pada fase tiga.


 🕷 #MusimLaba Gajah Tunggal Indonesia

unnamed (12).jpg

Gajah Tunggal Indonesia ($GJTL) adalah perusahaan ban yang terintegrasi dan merupakan salah satu produsen ban terbesar di Indonesia. Beberapa merek ban milik Gajah Tunggal adalah GT Radial, Giti, Gajah Tunggal Bias, IRC Tire, dan Zeneos Tires.

Segmen bisnis Gajah Tunggal Indonesia terdiri dari beberapa manufaktur seperti ban, kain ban, karet sintetik, benang nilon, dan lainnya. Hasil produksi ban ini nantinya digunakan pada mobil penumpang, SUV, mobil niaga, off-road, industri, dan sepeda motor.

Bagaimana performa Gajah Tunggal Indonesia selama tahun 2020?

Perusahaan mencatatkan penurunan pendapatan sebesar 15,7% YoY menjadi 13,434 triliun rupiah. Hal ini karena peta persaingan dalam penjualan ban kendaraan yang tergolong ketat. Ditambah lagi, pandemi Covid-19 yang turut memberikan sentimen negatif.

Namun, laba bersih perusahaan mengalami kenaikan sebesar 18,5% dari tahun sebelumnya menjadi 318,91 miliar rupiah. Salah satu faktor naiknya laba bersih adalah karena Gajah Tunggal Indonesia terus melakukan efisiensi.

Informasi keuangan Gajah Tunggal Indonesia lainnya:

  • Beban penjualan berhasil ditekan menjadi 725,34 miliar rupiah, turun 29,6% jika dibandingkan tahun 2019.

  • Perusahaan berhasil memangkas beban keuangan dari 872,87 miliar rupiah di tahun 2019, menjadi 745,95 miliar rupiah pada tahun lalu.

  • Pos keuntungan lain-lain juga memperoleh peningkatan sebesar 87,34 miliar rupiah.

  • Jika dibandingkan dengan 2019, total utang perusahaan juga mengalami penurunan 22,3% menjadi 5,252 triliun rupiah.


📄 BKSL Resmi Restrukturisasi Utang

Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dihadapi oleh Sentul City Tbk ($BKSL) akhirnya menemui titik temu. Kreditur BKSL telah memberikan dukungan dan menyetujui upaya restrukturisasi pembayaran utang perusahaan.

Dalam rapat pemungutan suara PKPU di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Selasa (9/3), mayoritas konsumen BKSL memberikan persetujuan terhadap proposal rencana perdamaian yang diajukan oleh Sentul City.

Dengan putusan tersebut, BKSL berhasil merestrukturisasi utangnya dari utang jangka pendek dan menengah menjadi utang jangka panjang. BKSL memperpanjang tenor sejumlah utang menjadi sepuluh tahun. Utang jangka pendek atau menengah (MTN) juga diperpanjang menjadi delapan tahun. Selama tiga tahun pertama, BKSL dibebaskan dari pembayaran pokok hutang.

Gugatan PKPU dan kepailitan ini bukanlah yang pertama, melainkan sudah terjadi sejak 2016 dan terus terjadi di tahun 2019, 2020, dan 2021 ini. Restrukturisasi pembayaran utang ini nantinya akan sangat membantu cash flow perusahaan. Untuk mengurangi beban utang, BKSL juga mengundang para kreditur untuk turut berinvestasi langsung dan mengembangkan kawasan Sentul City melalui pembayaran dengan aset (assets settlement).


Saham Top Gainer hari ini:
$SMRA (+12,43%)
$WOOD (+10,92%)
$BFIN (+10,64%)
$DOID (+7,69%)


Saham Top Loser hari ini:
$UNTR (-5,88%)
$WIKA (-3,51%)
$WTON (-2,89%)
$MAPI (-2,38%)

Performa sektor hari ini:
INFRASTRUCTURE (+2,39%)
BASIC-IND (+1,90%)
FINANCE (+1,32%)
PROPERTY (+1,09%)
CONSUMER (+0,62%)
MINING (+0,12%)
AGRI (+0,11%)
TRADE (+0,11%)
MISC-IND (-1,44%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire gif.gif
  • PT PP Tbk ($PTPP) bidik kontrak tiga puluh triliun rupiah sepanjang tahun 2021. Hingga bulan Februari tahun ini, PT PP Tbk sudah mengantongi kontrak baru senilai 1,08 triliun rupiah.

  • PT Perusahaan Gas Negara Tbk ($PGAS) menyalurkan gas ke dua belas pelanggan baru di Medan. Sebanyak sebelas pelanggan merupakan UMKM, sementara satu lagi adalah pelanggan komersial di bidang perhotelan, yaitu PT Global Capital Land.

  • PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk ($JPFA) berencana menerbitkan surat utang global untuk melunasi kembali (refinancing) surat utang global senilai 250 juta dolar AS.

  • PT Yelooo Integra Datanet Tbk ($YELO) menandatangani kontrak kerja sama penyediaan layanan akses mobile internet dengan PT Abdi Harapan Unggul (AHU) senilai seratus miliar rupiah.

  • PT Frisian Flag Indonesia (FFI) akan membangun pabrik baru dengan investasi awal sebesar 3,8 triliun rupiah.