πŸ‘‹ Indika Energy Divestasi Saham MBSS / by Stockbit Snips

9 Agustus 2021
Photo by: : Mitrabahtera Segara Sejati

Photo by: : Mitrabahtera Segara Sejati

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.127

-1,22%

Coal

160,95

+3,17%

Crude Oil

65,24

-4,45%

Gold

1.746

-0,94%

CPO

4.508

-0,26%

Nickel

19.194

-1,36%

πŸ‘‹ Stockbitor!

Indika Energy ($INDY) melalui anak usahanya, Indika Energy Infrastructure (IEI), berencana untuk melakukan divestasi dengan menjual seluruh sahamnya yang berada di Mitrabahtera Segara Sejati ($MBSS). 

IEI bersama dengan The China Navigation Co. (CNCo) sebagai penjual telah menandatangani Perjanjian Jual-Beli Bersyarat dengan Gallery Adhika Arnawama (GAA). Surat tersebut menyatakan rencana penjualan seluruh saham IEI di Mitrabahtera, yaitu sebanyak 892 ,5 juta lembar saham atau setara dengan 51% modal disetor.

Valuasi yang disepakati untuk seluruh saham di Mitrabahtera adalah senilai 81 juta dolar AS. Dengan demikian, perkiraan penjualan dari rencana transaksi adalah sebesar 41,31 juta dolar AS.

Penjualan ini merupakan bagian dari strategi Indika Energy sebagai perusahaan energi untuk mengurangi eksposur di bisnis batu bara dan menambah portofolio investasi non-batu bara. Pasalnya, Indika Energy menargetkan untuk mencapai 50% pendapatan dari sektor non-batu bara pada tahun 2025.

Key Takeaway

Divestasi ini akan membantu memberikan dana untuk membiayai strategi INDY kedepannya. INDY menargetkan untuk mencapai 50% pendapatan dari sektor non-batubara pada tahun 2025.


Berita Korporasi

πŸ’° Rencana Sinarmas Caplok DANA

Photo by: Dana
  • Grup Sinarmas dikabarkan akan melakukan akuisisi atas perusahaan dompet digital, DANA, dari Elang Sejahtera Mandiri, anak usaha dari Elang Mahkota Teknologi ($EMTK). Apabila terlaksana, Grup Sinarmas akan bermitra dengan Ant Financial, unicorn asalTiongkok, untuk bisnis DANA.

  • Produsen Semen Merah Putih, Cemindo Gemilang, akan melakukan initial public offering (IPO) dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 2,72 miliar lembar saham yang mewakili 15% dari modal ditempatkan dan disetor. Harga saham berada di kisaran 600 hingga 800 rupiah per saham.

  • Bumi Resources Minerals ($BRMS) akan melakukan right issue dengan menerbitkan sebanyak 24 miliar saham seri B baru dan 8,5 miliar waran seri III. Dana yang didapatkan akan digunakan untuk membiayai pengembangan proyek tambang emas.

  • Anak usaha Pertamina, Pertamina Hulu Rokan, resmi menjadi perusahaan pengelola lapangan minyak bumi di Blok Rokan, Provinsi Riau per Senin (9/8). Sebelumnya, blok ini dikelola oleh Chevron Pacific Indonesia (CPI).


Musim Laba Q2 2021

πŸ•·οΈ ROTI & ULTJ

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), beberapa perusahaan mengalami peningkatan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $ROTI: Laba bersih emiten Sari Roti, Nippon Sari Corpindo, naik 378,8% YoY menjadi 65 triliun rupiah pada Q2 2021. Kenaikan laba ini disebabkan oleh peningkatan pendapatan (+1,1%) dan penurunan beban usaha (-17,8%) apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Sehingga, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 33,2% menjadi 121,78 miliar rupiah. Meski pendapatan mengalami penurunan (-7,01%), laba perusahaan tetap meningkat karena pengurangan total beban usaha (-14,43%). Penurunan ini didorong oleh pengurangan biaya hawker (-74,44%), jasa distribusi (-33,85%) dan persediaan kadaluarsa (-23,42%). (IDX)

  • $ULTJ: Laba bersih Ultrajaya Milk naik 115,4% YoY menjadi 256 miliar rupiah pada Q2 2021. Kenaikan laba didorong oleh kenaikan pendapatan sebesar 9,6% YoY dan penurunan pada total beban usaha sebesar -6,7% YoY.


    Dengan demikian, secara kumulatif 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 11,8% menjadi 662 miliar rupiah. Meski peningkatan pendapatan hanya sebesar 1,4%, laba perusahaan bisa meningkat signifikan berkat pengurangan total beban usaha sebesar -16,6%. Penurunan total beban usaha berasal pengurangan biaya seperti sewa (-45,0%), perjalanan dinas (-61,9%) dan komunikasi (-17,2%). (IDX)


Berita Lainnya

🏑 Beli Rumah Bebas PPN Hingga Akhir Tahun

Photo by: Suara

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, resmi memperpanjang durasi pemberian insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas properti ditanggung pemerintah (DTP) hingga Desember 2021

Keputusan ini telah tertuang dalam beleid PMK 103/PMK.010/2021 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Rumah Tapak dan Unit Hunian Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021. 
 
Insentif PPN DTP dengan nilai 100% diberikan untuk penyerahan rumah tapak atau rusun baru dengan harga jual paling tinggi 2 miliar rupiah. Sedangkan, insentif PPN DTP 50% berlaku untuk penyerahan rumah tapak dan rusun dengan harga jual di atas 2 miliar hingga 5 miliar rupiah.

Dengan demikian, perpanjang insentif PPN ini diharapkan mampu mempertahankan daya beli masyarakat di sektor industri perumahan guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.


πŸ’° What to Watch For: This Week

Beberapa data ekonomi yang rilis minggu lalu:

  • Indonesia: Tingkat inflasi YoY (1,52%) (Senin)

  • Tiongkok: Ekspor YoY (19,3%) (Sabtu)

  • Amerika Serikat: Tingkat pengangguran (5,4%) (Jumat)

Dividend

  • $SMSM: 20 rupiah/lembar (Cum date: Selasa)

  • $PANS: 100 rupiah/lembar (Cum date: Selasa)

  • $SOHO: 197 rupiah/lembar (Cum date: Selasa)

Right Issue

  • $ASJT dengan perbandingan 3 : 4 di harga 125 rupiah/lembar (Cum date: Selasa)

Insider News:

Pemegang saham emiten di atas 5% yang melakukan transaksi pembelian saham (+) atau penjualan saham (-) selama seminggu terakhir:

  • $MSIN: MNC Land +8,58% (5 Agustus). Kepemilikan saat ini: 8,58%

  • $DMMX: Soteria Wicaksana Investama -0,52% (5 Agustus). Kepemilikan saat ini: 11,57%, Bank of Singapore -0,29% (4 Agustus). Kepemilikan saat ini: 5,66%

  • $BBYB: Asabri -1,07% (2 Agustus), -0,53% (3 Agustus), -1% (5 Agustus). Kepemilikan saat ini: 7,49%

  • $PTSP: Union Bancaire Privee +4,99% (4 Agustus). Kepemilikan saat ini: 15,67%


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$ASSA

+8,56%

$BEST

+3,25%

$LPPF

+7,25%

$ITMG

+2,32%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$BRIS

-6,69%

$BTPS

-5,43%

$KAEF

-5,86%

$WOOD

-5,42%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


World News

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Setelah beberapa kali terlihat melakukan pengetatan regulasi terhadap perusahaan teknologi, Xi Jinping menyatakan bahwa Tiongkok siap beralih fokus ke industri manufaktur untuk pertumbuhan ekonomi. (WSJ)

  • Untuk memenangkan kompetisi dengan Tesla, Volkswagen melakukan investasi dalam pengembangan industri baterai electronic vehicle (EV). (WSJ)

  • Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung, menyatakan bahwa Singapura akan melonggarkan aturan pembatasan COVID-19 mulai tanggal 10 Agustus 2021 seiring dengan tingkat vaksinasi yang sudah mencapai angka 67%. (CNBC)

  • Perusahaan minyak raksasa milik Saudi, Aramco, menargetkan keuntungan yang diraih akan melonjak hingga hampir 300%. Pada kuartal kedua, Aramco telah mencatatkan laba bersih naik sebesar 288 persen. (BBC)


Stockbit Career

πŸ•΅οΈ You Might Be The One!

Ingin turut berkontribusi pada Stockbit Snips dan analisis Stockbit lainnya? Yuk daftarkan dirimu jadi Investment Analyst Stockbit sekarang di sini!


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ€·β€β™€οΈ Pilih EBITDA atau CFO?

Photo by: stockbit

β€œSama seperti kehidupan, dalam investasi ada orang yang mengutamakan hasil dan tidak sedikit pula yang menikmati prosesnya. Terdapat 2 komponen rasio laporan keuangan yang mungkin mencerminkan kedua perbedaan tersebut. Kamu prefer menggunakan EBITDA yang fokus pada hasil atau justru OCF yang lebih melihat proses?” β€” @IPOhunter2

Menilik 2 indikator utama yang banyak digunakan oleh para value investor dalam mengukur kinerja suatu perusahaan, IPOHunter2 coba memberikan pandangan lengkapnya yang bisa kamu temukan di sini.

Sekilas Tentang @IPOhunter2

IPOhunter2 dikenal sebagai pengamat yang cukup aktif di Stockbit Stream dalam memberikan pandangan terkait saham yang melakukan aksi korporasi, khususnya yang berencana melakukan IPO. Investor yang mengaku sebagai akuntan ini cukup kritis dalam membedah laporan keuangan perusahaan dan keadaan perusahaan apa adanya. Kamu bisa temukan insight menarik lainnya dari IPOhunter2 di


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Sarah Natassja
Editor: Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie, Astrid Rahadiani Putri, Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan