πŸ’° BUMN Dapat Suntikan Modal Jumbo / by Stockbit Snips

15 Juli 2021
Photo by: Viva

Photo by: Viva

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.046

+1,13%

Coal

142,70

+1,05%

Crude Oil

74,47

-0,93%

Gold

1.831

+0,26%

CPO

4.149

+1,34%

Nickel

18.574

-1,03%

πŸ‘‹ Stockbitor!

Setelah melakukan rapat kerja dengan Menteri BUMN Erick Thohir,  Komisi VI DPR RI menyetujui suntikan modal kepada BUMN senilai total 106,35 triliun rupiah. Suntikan modal atau Penyertaan Modal Negara (PMN) ini akan digunakan untuk menggarap proyek infrastruktur pemerintah dan merestrukturisasi permodalan BUMN tersebut

PMN diberikan untuk dua periode, yaitu semester II 2021 senilai 33,9 triliun rupiah dan tahun 2022 senilai 72,449 triliun rupiah. Untuk semester II 2021, akan ada 3 BUMN yang menerima PMN, yaitu:

  • PT Waskita Karya Tbk ($WSKT) akan menerima 7,9 triliun rupiah untuk restrukturisasi dan menguatkan permodalan

  • PT Hutama Karya akan menerima 19 triliun rupiah untuk proyek Tol Trans Sumatra

  • PT KAI akan menerima 7 triliun rupiah untuk proyek LRT dan penurunan base equity KICC (perusahaan yang penggarap proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung)

Sedangkan, untuk tahun 2022, akan ada 12 BUMN yang akan menerima PMN. Empat emiten di antaranya adalah:

  • PT Bank Negara Indonesia Tbk ($BBNI) akan menerima 7 triliun rupiah untuk meningkatkan Tier 1 Capital dan capital adequacy ratio (CAR)

  • PT Bank Tabungan Negara Tbk ($BBTN) masing-masing akan menerima 2 triliun rupiah untuk meningkatkan Tier 1 Capital dan CAR.

  • PT Waskita Karya Tbk ($WSKT) akan menerima 3 triliun rupiah menguatkan permodalan dalam rangka restrukturisasi

  • PT Adhi Karya Tbk ($ADHI) akan menerima 2 triliun rupiah untuk proyek tol DIY-Solo, DIY-Bawen, dan proyek SPAM Karian

Meskipun telah menyetujui besaran dan nominal anggaran tersebut, DPR meminta Kementerian BUMN untuk mengalokasikan sebagian dana tersebut kepada BUMN Farmasi dan Pertamedika HIC. Permintaan ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan tempat tidur, ruang ICU, vitamin dan obat-obatan di masa pandemi.

Key Takeaway

Pemberian suntikan modal kepada BUMN infrastruktur diharapkan dapat membantu kelancaran proyek-proyek yang sedang berlangsung. PMN juga akan memperkuat struktur permodalan BUMN perbankan. Karena sejumlah BUMN tersebut juga listed di BEI, maka pemberian PMN kemungkinan besar akan diikuti dengan rights issue, sehingga investor publik akan perlu menyiapkan dana untuk mengikuti penambahan modal tersebut jika tidak ingin terdilusi.


World News

🌏 Tiongkok Mulai Perdagangan Emisi

Photo by: Bisnis

Kabar terkini dari mancanegara:

Tiongkok: Pemerintah Tiongkok siap meluncurkan program perdagangan emisi nasional dengan melibatkan 2.225 perusahaan di sektor ketenagalistrikan sebagai tahap awal. (WSJ)

Singapura: Perekonomian Singapura berhasil tumbuh 14,3% YoY pada kuartal kedua tahun ini. Hal tersebut berhasil dicapai berkat kebijakan β€œcircuit breaker” yang diterapkan dengan ketat. (Channel News Asia)

Korea Selatan: Status Korindo (perusahaan minyak sawit raksasa Korea Selatan) sebagai perusahaan berkelanjutan resmi dicabut oleh Forest Stewardship Council (FSC) setelah diduga melakukan operasi pembakaran hutan di Papua. (BBC)

Amerika Serikat: Facebook dan Instagram akan menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar AS untuk content creator sampai akhir tahun 2022. (Malaymail)


Musim Laba Q1 2021

πŸ•·οΈ DSSA & SOCI

Photo by: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang mengalami kenaikan performa apabila dibandingkan dengan Q1 2020. Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • $DSSA: Laba bersih perusahaan tambang grup Sinarmas, Dian Swastatika, meningkat 389%. Hal ini didorong oleh kenaikan pendapatan (+17,3%). Penyebab utama kenaikan pendapatan ini adalah meningkatnya pendapatan dari segmen utama perusahaan, yaitu pertambangan dari perdagangan batubara (+40%). (IDX)

  • $SOCI: Laba bersih Soechi Lines naik 86,7%. Hal ini terjadi walaupun pendapatan turun 9,27%. Penurunan pendapatan ini didorong oleh penurunan pendapatan charter kapal (-9,59%). Selain itu, turunnya beban keuangan dari pinjaman bank perusahaan serta rugi selisih kurs juga membantu mendongkrak performa perusahaan. (IDX)

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit


Berita Lainnya

πŸ’Š 8 Obat Terapi Covid-19 Dapatkan Izin BPOM

Photo by: GoRiau

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi memberikan Emergency Use Authorization (EAU) atau izin penggunaan darurat atas 8 obat yang mendukung terapi Covid-19. Kedelapan obat tersebut mendapatkan izin untuk diedarkan oleh apotek, puskesmas, rumah sakit, klinik, kantor kesehatan pelabuhan, dan fasilitas distribusi obat.

Untuk menjaga harga obat-obatan ini di pasaran, Menkes Budi Gunadi Sadikin menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk masing-masing produk. Rincian harganya adalah sebagai berikut:

  • Azithromycin 500 mg (Rp1.700 / tablet dan Rp95.400 / vial)

  • Ivermectin 12 mg (Rp7.500 / tablet)

  • Favipiravir 200 mg (Rp22.500 / tablet)

  • Oseltamivir 75 mg (Rp26.000 / kapsul)

  • Remdesivir 100 mg (Rp510.000 / vial)

  • Tocilizumab 80 mg (Rp1.162.200 / vial) dan 400 mg (Rp5.710.600 / vial)

  • Intravenous Immunoglobulin 5% 50 ml (Rp 3.262.300 / vial), 10% 25 ml (Rp3.965.000 / vial), dan 10% 50 ml (Rp6.174.900 / vial)

Terdapat beberapa ketentuan dalam pendistribusian obat-obatan ini. Pertama, harus terdapat kontrak antara produsen obat yang mendapatkan izin penggunaan darurat dengan apotek. Kedua, pemberian obat tersebut harus berdasarkan resep dokter. Ketiga, pendistribusian obat kepada apotek diberikan dalam jumlah terbatas untuk menghindari penumpukan. Terakhir, fasilitas pendistribusian obat wajib melaporkan pemasukan dan penyaluran obat kepada BPOM setiap dua minggu.


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$SSIA

+6,02%

$RAJA

+4,95%

$ERAA

+5,22%

$BBTN

+4,47%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$LPKR

-4,00%

$ASSA

-2,13%

$LPPF

-2,24%

$KAEF

-2,00%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Matahari Putra Prima ($MPPA) berencana melakukan private placement dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 10% saham baru untuk memperkuat struktur permodalan dan struktur neraca perusahaan. Usulan ini akan ditentukan oleh pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari Jumat, 16 Juli 2021.

  • Modernland ($MDLN) telah mengantongi persetujuan restrukturisasi global bond senilai 390 juta dolar AS.

  • Wintermar Offshore Marine ($WINS) akan melakukan private placement dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 415 juta saham baru atau 9,58% dari total saham untuk membiayai ekspansinya.

  • Pyridam Farma ($PYFA) prioritaskan produksi dan distribusi obat terapi Covid-19, seperti Azitromisin 500 mg, Levofloksasin, dan vitamin D3-1000, untuk mendukung upaya pemerintah mengendalikan pandemi Covid-19.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ€” Analisis Growth-mu Terbukti Valid?

Photo by: stockbit

"Terlalu jatuh cinta pada emiten adalah hal yang berbahaya. Fanatisme bisa membuat anda menggunakan asumsi growth yang tak masuk akal." - thowilz-.

Tips dari Thowilz mengenai cara mudah dan praktis dalam mengukur growth perusahaan bisa kamu temukan selengkapnya di sini.

Sekilas Tentang @thowilz

Thowilz adalah seorang value investor yang telah terjun di dunia saham sejak 2008. Thowilz cukup ahli dalam membedah emiten dengan merangkum hasil pemikirannya dalam beberapa seri tulisan di Stream Stockbit, seperti hidden gems series. Kamu bisa temukan insight menarik lainnya dari Thowilz di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Sarah Natassja, Calvin Kurniawan
Editor: Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie, Michael Owen Kohana, Astrid Rahadiani Putri