😲 Bukalapak, IPO Terbesar Dalam 10 Tahun Terakhir / by Stockbit Snips

Source: BIPOL

Source: BIPOL

komoditas .png

πŸ‘‹ Stockbitor!

Berikut adalah snips terbaru dari stockbit

Bukalapak, perusahaan e-commerce asal Indonesia, akan melantai di bursa saham Indonesia dengan initial public offering (IPO) pada Agustus 2021. Bukalapak menargetkan 800 juta dolar AS dari IPO ini. Nantinya, IPO ini akan menjadi yang terbesar dalam 10 tahun terakhir.

Saat ini, IPO terbesar di Indonesia masih ditempati oleh Adaro Energy ($ADRO) yang mendapatkan 12,23 triliun rupiah pada saat IPO pada tahun 2008.

Nantinya, Bukalapak akan melepas 10% hingga 15% kepemilikannya kepada publik saat IPO dan menargetkan valuasi di kisaran 4 hingga 5 miliar juta dolar AS.


World News

🌏 The Fed Rencanakan Percepat Kenaikan Suku Bunga

Source: Bisnis.com

Source: Bisnis.com

Kabar terkini dari mancanegara:

Amerika Serikat: The Fed memberikan sinyal bahwa akan mulai menaikkan suku bunga pada tahun 2023, lebih cepat satu tahun dari rencana awal.

Filipina: International Monetary Fund (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Filipina 2021 sebesar 1,5% menjadi 5,4%.

Korea Utara: Presiden Kim Jong Un mengumumkan bahwa negaranya sedang mengalami kesulitan pangan karena terjadinya gagal panen akibat banjir.

Swiss: Setelah hubungan antara AS dan Rusia sempat memanas, Presiden Joe Biden dan Presiden Vladimir Putin akhrinya bertemu di Jenewa, Swiss. Pertemuan ini membahas keamanan siber, hak asasi manusia (HAM) dan Ukraina.


Musim Laba - Q1 2021

πŸ•·οΈ ️️ ZINC & CASH

Source: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang labanya meningkat dibandingkan Q1 2020. Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • $ZINC: Laba bersih Kapuas Prima Coal naik 320% didukung oleh kenaikan pendapatan (+37%). Kenaikan pendapatan ini didukung oleh peningkatan pendapatan dari segmen zinc (+36%) dan juga adanya sumber pendapatan baru yang berasal dari konsentrat besi. Selain itu, adanya efisiensi dari beban kontraktor (-41,4%) juga berkontribusi meningkatkan laba bersih. (IDX)

  • $CASH: Kerugian Cashlez Worldwide turun dari 10,85 miliar menjadi 7,13 miliar rupiah. Hal ini didukung oleh peningkatan pendapatan (+407%). 

    Peningkatan pendapatan ini disebabkan oleh peningkatan penjualan perangkat, seperti POS, yang meningkat 28 kali lipat. Namun, peningkatan pendapatan tersebut juga diikuti oleh peningkatan beban HPP (+907%) dan peningkatan beban umum dan administrasi (+67%). (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


1.png
3.png

Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Pinterest

Source: Pinterest

  • Rivan Achmad Purwanto, mantan direktur utama Bank Bukopin ($BBKP) terpilih kembali sebagai direktur utama PT Jasa Raharja.

  • Garudafood Putra Putri Jaya ($GOOD) akan membagikan dividen sebesar 132 miliar rupiah 18 rupiah per lembar saham.

  • Merck ($MERK) telah mengalokasikan capex sebesar 3,3 juta dolar Euro. Dana ini akan digunakan untuk peningkatan kinerja pabrik.

  • PP Properti ($PPRO) telah mencatatkan marketing sales sebesar 202,48 miliar rupiah hingga Mei 2021.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan
Editor: Sarah Natassja, Theodore Henoch, Vivi Handoyo Lie, Almer Dzaki, Astrid Rahadiani Putri