🏦 BUMN Resmi Kantongi Izin Pembentukan Holding Ultra Mikro / by Stockbit Snips

Source: Kumparan

Source: Kumparan

unnamed (6).png

Halo Stockbitor,

Bank Indonesia mengumumkan untuk pertahankan suku bunga acuan di angka 3,5%. Keputusan ini diambil untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah karena meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global dan perkiraan inflasi yang tetap rendah.

In other news, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengumumkan bahwa pemerintah berencana untuk mengizinkan wisatawan asing berkunjung kembali ke Indonesia pada pertengahan tahun ini. Bali akan menjadi daerah prioritas pemerintah karena bali merupakan daerah unggul pariwisata Indonesia yang dapat membantu perekonomian Indonesia.Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Tohir, menyampaikan bahwa Bank Indonesia, OJK, Lembaga Simpan Pinjam, Komite Stabilitas Sistem Keuangan, dan Komite Privatisasi telah menyetujui pembentukan holding ultra mikro.

Pembentukan holding ultra mikro ini merupakan gagasan yang dibentuk dengan tujuan menjembatani usaha mikro untuk naik kelas, sekaligus memastikan bunga pinjaman yang rendah untuk mendukung pengembangan bisnis pelaku usaha mikro. Adapun BUMN mengintegrasikan tiga BUMN, yakni BRI, Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

In other news, Presiden Joko Widodo telah meresmikan empat proyek infrastruktur baru pada Kamis (18/3) lalu. Empat proyek ini adalah Bandara Buntu Kunik (Tana Toraja, Sulawesi Selatan), Bandara Pantar (Alor, Nusa Tenggara Timur), Kolam Regulasi Nipa-Nipa (Maros, Sulawesi Selatan), dan Jalan Tol Layang AP Pettarani (Makassar, Sulawesi Selatan).


Berita Terkini: 

🌏 World News: LINE Dituduh Bocorkan Data Pengguna Jepang ke Tiongkok

unnamed (7).png

Jepang: Teknisi perusahaan Tiongkok yang berafiliasi dengan LINE diduga membocorkan akses data pribadi pengguna Jepang ke Tiongkok. Kasus ini memengaruhi reputasi LINE dan menghambat proses pembuatan 'super-app-all-in-one' setelah merger dengan Yahoo Jepang dan SoftBank Group pada awal Maret 2021.

Amerika Serikat: Tagar #StopAsianHate semakin meluas setelah peristiwa penembakan enam korban keturunan Asia di wilayah Atlanta pada Rabu (17/3) malam. Insiden tersebut semakin menimbulkan banyak aksi protes atas tindakan rasisme dan diskriminatif di Amerika Serikat yang tak kunjung usai.

Korea Utara: Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan bahwa Korea Utara resmi memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia. Hal ini dipicu karena Malaysia telah mengabulkan permohonan ekstradisi warga Korea Utara, Mun Chol Myong, ke Amerika Serikat akibat tuduhan pencucian uang.

Rusia: Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat, Anatoly Antonov, ditarik dari Washington D.C. setelah Presiden Joe Biden menyebut Putin sebagai 'pembunuh'. Hal ini dilatarbelakangi oleh laporan intelijen Amerika Serikat yang menyebut Rusia melakukan campur tangan dalam pilpres 2020 dan berpotensi merugikan pencalonan Biden.

Prancis: Pemerintah Prancis mengumumkan bahwa lockdown akan kembali diberlakukan di Kota Paris. Hal ini didukung dengan melonjaknya angka positif COVID-19 hingga 1.200 jiwa di Kota Paris.


 🕷 #MusimLaba  Indocement Tunggal Prakarsa

unnamed (8).png

Indocement Tunggal Prakarsa ($INTP) mencatatkan laba bersih sebesar 1,8 triliun rupiah atau turun 1,5% dari tahun sebelumnya. Pendapatan perusahaan juga mengalami penurunan menjadi 14,18 triliun rupiah atau turun 10,9% dari tahun sebelumnya.

Penurunan pendapatan perusahaan yang cukup signifikan terjadi karena penurunan volume penjualan domestik sebesar 9,7% YoY menjadi 16,9 ribu ton. Salah satu penyebabnya adalah turunnya penjualan semen curah (bulk) sebesar 25,4% YoY di area Pulau Jawa dan 14,3% YoY di area luar Pulau Jawa.

Informasi keuangan Indocement Tunggal Prakarsa lainnya:

  • Beban pokok pendapatan perusahaan turun sebesar 13,1%. Hal ini didukung oleh turunnya volume penjualan dan penghematan berkelanjutan dalam segi listrik dan bahan bakar.

  • Dari sisi biaya operasional, perusahaan mengalami penurunan sebesar 12,9% YoY menjadi 3,1 triliun rupiah.

  • Pada tahun 2020, Indocement Tunggal Prakarsa memiliki market share sebesar 26,1% dan capacity share sebesar 21%.


🏭 Kementerian ESDM Mulai Uji Coba Perdagangan Emisi Karbon

Source: DW Global

Source: DW Global

Kementerian ESDM telah memulai uji coba perdagangan emisi karbon untuk pertama kalinya. Uji coba ini merupakan langkah awal Indonesia untuk mendukung target pemangkasan emisi karbon atau gas rumah kaca di sektor energi sebesar 314-398 juta ton pada 2030.

Direktur Jendral Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang menyusun kebijakan tentang nilai ekonomi karbon, termasuk perdagangannya.

Wah keren banget! Teknisnya kayak gimana tuh?
Sekilas mengenai gambaran teknis, perdagangan karbon ini akan menggunakan mekanisme cap and trade atau penetapan kuota. Mulanya, pemerintah akan menetapkan batasan emisi karbon dari suatu pembangkit listrik.

Apabila terdapat PLTU yang menghasilkan emisi karbon melebihi ambang batas, maka PLTU tersebut perlu untuk membayar sejumlah dana sesuai yang telah disepakati. Untuk PLTU yang berhasil mempertahankan emisi karbon di bawah ambang batas, maka PLTU tersebut dapat menjual kuota emisinya ke pihak lain.

Keren banget inisiasinya! Anything else?
Hingga saat ini, sudah terdapat delapan puluh PLTU yang bergabung untuk melakukan uji coba. Beberapa PLTU ini terbagi ke dalam tiga kelompok besar, yaitu kelompok pertama dengan 19 PLTU berkapasitas di atas 400 megawatt (MW), kelompok kedua dengan 51 PLTU berkapasitas 100-400 MW, dan kelompok ketiga dengan 10 PLTU mulut tambang yang juga berkapasitas 100-400 MW.

Saham Top Gainer hari ini:
$SOCI (+9,74%)
$INTP (+6,77%)
$HMSP (+6,60%)
$RAJA (+5,46%)

Saham Top Loser hari ini:
$ASSA (-6,84%)
$TBIG (-4,63%)
$INKP (-4,59%)
$TKIM (-4,21%)

Performa sektor hari ini:
CONSUMER (+2,47%)
BASIC-IND (+0,99%)
MISC-IND (+0,85%)
FINANCE (-0,28%)
INFRASTRUCTURE (-0,36%)
TRADE (-0,63%)
MINING (-0,66%)
AGRI (-1,17%)
PROPERTY (-1,53%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Dalam rangka holding ultra mikro, Bank Rakyat Indonesia ($BBRI) berencana untuk menggelar right issue pada kuartal III tahun 2021.

  • Anak perusahaan Telefast Indonesia ($TFAS), Logitek Digital Nusantara, telah melakukan perjanjian kerja sama dan investasi dengan Onstar Express dalam rangka memperluas pasar.

  • Bumi Resources Minerals ($BRMS) telah mengantongi izin OJK untuk melakukan right issue senilai 1,6 triliun rupiah.

  • Grup Sinarmas melalui Golden Energy and Resources siap untuk menjual 4,5% saham Golden Energy Mines ($GEMS) kepada Ascend Global Investment Fund SPC. Saat ini, free float Golden Energy hanya mencapai 3%.


Penulis: Florie Aurantia
Editor: Calvin Kurniawan, Michael Owen Kohana