🔬 Alat Tes Baru Covid-19 Milik Indonesia / by Stockbit Snips

Source: Bisnis.com

Source: Bisnis.com

unnamed (9).jpg

Halo Stockbitor,

Kalbe Farma ($KLBF) baru saja meluncurkan alat tes Covid-19 menggunakan metode RT LAMP (Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification). Metode ini menggunakan sampel air liur (saliva) untuk mendeteksi cairan asam nukleat, di mana cairan tersebut merupakan material genetik dari Covid-19. Tes ini memiliki performa akurasi yang baik dengan sensitivitas mencapai 94%.

Selain itu, Kementerian ESDM mengizinkan ekspor bahan mineral logam bagi perusahaan yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Adapun kriteria lainnya adalah kebijakan ini berlaku untuk perusahaan yang tidak memenuhi kemajuan pembangunan fasilitas pemurnian paling sedikit 90% pada dua periode evaluasi.

In other news, Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) meningkatkan proyeksi pertumbuhan PDB Indonesia tahun 2021 menjadi 4,9% dari sebelumnya sebesar 4%. Hal ini diproyeksi setelah potensi rebound pada konsumsi masyarakat dan ekspor.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Rata-Rata Vaksinasi Harian di AS Melebihi Target

unnamed (10).jpg

Amerika Serikat: Rata-rata vaksinasi pemerintahan Biden selama satu minggu terakhir sebesar 2,4 juta dosis per hari. Jumlah tersebut berhasil lebih tinggi dua kali lipat dari target rata-rata harian yang harus dicapai, yaitu sebesar 1,07 juta dosis per hari. Dengan begitu, pemerintahan Biden dapat lebih cepat untuk mencapai target seratus juta vaksinasi dalam seratus hari pertama kepemimpinannya.

Finlandia: Finlandia berhasil mempertahankan gelarnya sebagai negara paling bahagia di dunia selama empat tahun berturut-turut, berdasarkan Laporan Kebahagiaan Dunia 2021 yang dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Saudi Arabia: Produsen minyak terbesar dunia, Saudi Aramco, mengalami penurunan laba bersih tahun 2020 mencapai 44,4%, menjadi 49 miliar dolar AS. Dengan hasil tersebut, perusahaan akan menurunkan capex, dari 40 miliar dolar AS menjadi 35 miliar dolar AS, namun tetap akan membagikan dividen sebesar 75 miliar dolar AS.

Brasil: Pemerintah Brasil akan mengimpor surplus vaksin Covid-19 dari AS, setelah sebelumnya Pemerintah AS mengumumkan akan mengirimkan jutaan dosis vaksin AstraZeneca kepada negara-negara tetangga. Upaya ini dilakukan karena Brasil masih belum mampu memenuhi kebutuhan vaksinnya dan baru mampu mengamankan dosis vaksin sebanyak 5,4% dari total 212 juta penduduk.


 🕷 #MusimLaba  Elnusa

unnamed (11).jpg

Kembali lagi dengan musim laba, hari ini Stockbit Snips akan membahas kinerja keuangan dari perusahaan sektor minyak dan gas bumi, yaitu Elnusa ($ELSA).

Elnusa memperoleh laba bersih sebesar 249 miliar rupiah pada tahun 2020, menurun 30% secara YoY.

Elnusa merupakan salah satu anak perusahaan dari Pertamina, yang bergerak di bidang jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, dan aktivitas jasa penunjang lainnya di bidang energi.

Segmen jasa hulu migas berkontribusi sebesar 53%, segmen jasa distribusi dan logistik energi sebesar 43%, dan segmen jasa penunjang lainnya di bidang energi sebesar 4% terhadap pendapatan perusahaan.

Ringkasan kinerja keuangan Elnusa:

  • Pendapatan tahun 2020 sebesar 7,7 triliun rupiah, menurun 7,2% secara YoY.

  • Gross profit margin tahun 2020 sebesar 9,6%, menurun dibanding tahun 2019 sebesar 10,3%.

  • Beban keuangan tahun 2020 meningkat 330% secara YoY, menjadi 132 miliar rupiah dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 40 miliar rupiah.

  • Net profit margin tahun 2020 menjadi 3,2% dibandingkan tahun 2019 sebesar 4,2%.


🏭 Kerja Sama Pembangunan Pabrik Blue Ammonia di Sulawesi

Source: IDX Channel

Source: IDX Channel

Melalui anak usahanya, Panca Amara Utama (PAU), Surya Eka Perkasa ($ESSA) berhasil menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Mitsubishi Corporation (MC), Japan Oil, Gas and Metals National Corporation (JOGMEC), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membangun pabrik blue ammonia di Banggai, Sulawesi Tengah.

Blue ammonia itu untuk apa yaa?
Blue ammonia merupakan bahan baku untuk membuat pupuk, plastik, dan bahan kimia. Blue ammonia berperan sebagai sumber energi berkelanjutan karena memiliki kandungan hidrogen yang tinggi dan tidak menghasilkan emisi karbondioksida selama pembakaran.

Dengan begitu, pembangunan pabrik blue ammonia ini diharapkan mampu membantu pemerintah Indonesia untuk mencapai target dalam mengurangi emisi karbon hingga 29% pada tahun 2030.

 💰What to watch for: This Week 

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Singapura: Tingkat inflasi bulan Februari 2021 (Selasa).

  • Inggris: Tingkat pengangguran bulan Januari 2021 (Selasa) dan tingkat inflasi bulan Februari 2021 (Rabu)

  • Amerika Serikat: Tingkat penjualan rumah bulan Februari 2021 (Selasa)

  • Selandia Baru: Neraca perdagangan bulan Februari 2021 (Selasa).

  • Swiss: Penetapan tingkat suku bunga untuk Kuartal-II 2021(Kamis)

  • Jepang: Tingkat inflasi inti bulan Februari 2021 (Jumat).


Agenda emiten minggu ini:
Initial Public Offering (IPO) Triputra Agro Persada
Periode penawaran: 22 - 25 Maret 2021
Listing date: 12 April 2021

Profil Triputra Agro Persada:
Triputra Agro Persada didirikan pada tahun 2005 dengan nama Alam Permata Indah, kemudian perusahaan langsung mengganti namanya menjadi Triputra Agro Persada pada tahun yang sama. Perusahaan beroperasi di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet di Sumatera dan Kalimantan dengan target pasar domestik dan ekspor.

Perusahaan akan menerbitkan 925 juta lembar saham baru pada harga seratus rupiah per lembar saham, sehingga perusahaan akan memperoleh dana sebesar 92,5 miliar rupiah.

Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk belanja modal berupa pupuk dan pembangunan pabrik baru di Kalimantan Tengah.

Saham Top Gainer hari ini:
$INDY (+10,16%)
$BUMI (+9,68%)
$SSIA (+8,87%)
$DOID (+6,31%)

Saham Top Loser hari ini:
$LINK (-5,29%)
$SOCI (-4,84%)
$ASSA (-4,52%)
$HMSP (-3,91%)

Performa sektor hari ini:
TRADE (+2,17%)
AGRI (+0,80%)
MINING (+0,31%)
BASIC-IND (-0,45%)
CONSUMER (-1,11%)
PROPERTY (-1,19%)
FINANCE (-1,54%)
INFRASTRUCTURE (-1,61%)
MISC-IND (-2,38%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Rukun Raharja ($RAJA) menjalin kerja sama operasi (KSO) dengan PT Pertamina Gas (Pertagas) terkait pembangunan dan pengoperasian pipa minyak bumi di wilayah kerja Rokan senilai 4,2 triliun rupiah.

  • Adaro Energy ($ADRO) akan memperpanjang kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) terkait izin pertambangan di wilayah Tabalong, Kalimantan Selatan yang akan berakhir pada tahun 2022.

  • Pupuk Kalimantan Timur menginvestasikan 35,9 triliun rupiah untuk pembangunan pabrik metanol di Kawasan Industri Petrokimia Bintuni, Papua Barat dan pengembangan pabrik di Bontang, Kalimantan Timur.

  • Indocement Tunggal Perkasa ($INTP) mengalokasikan capex sebesar 1,1 triliun rupiah untuk tahun 2021.

  • XL Axiata ($EXCL) berencana membangun segmen bisnis baru di bidang Internet of Things (IoT), big data, dan information and communication technology (ICT).


Penulis: Irfan Januar
Editor: Calvin Kurniawan, Florie Aurantia, Almer Dzaki