🏦 Tahap Awal Refocusing Bank BUMN / by Stockbit Snips

Source: CNBC Indonesia

Source: CNBC Indonesia

unnamed.jpg

PT Bank Negara Indonesia ($BBNI) meresmikan pembukaan kantor cabang Seoul yang baru dan pembentukan Korea Desk BNI. Ini sebagai langkah perusahaan untuk memperluas pasar internasional

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, ada makna yang lebih mendalam dibandingkan sekadar peran ekonomi. Keberadaan BNI di Seoul merupakan salah satu bukti kedekatan kerja sama antara Indonesia dan Republik Korea

Selain di Seoul, BNI juga memiliki kantor cabang di berbagai kota seperti SingapuraHong KongTokyoOsakaYangonNew York, dan London.

Ini merupakan langkah BNI dalam merealisasikan rencana pemerintah dalam tahap refocusing Bank BUMN. Masing-masing bank memiliki fokus sebagai berikut:

  • PT Bank Rakyat Indonesia Tbk ($BBRI) difokuskan menjadi bank Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

  • PT Bank Tabungan Negara Tbk ($BBTN) diarahkan menjadi spesialis perumahan.

  • PT Bank Mandiri Tbk ($BMRI) fokus di korporasi.

  • PT Bank Negara Indonesia Tbk ($BBNI) diarahkan fokus pada pasar internasional.

Per 31 Desember 2020, jumlah dana pihak ketiga (DPK) BNI dari kantor cabang luar negeri (KCLN) tumbuh sebesar 238% dari tahun sebelumnya menjadi 8,5 triliun rupiah. Ini setara dengan 1,34% dari total DPK Bank BNI secara keseluruhan.

Sementara itu, pendapatan non-bunga (fee-based income) KCLN BNI mencapai 30,50% dari total pendapatan. Hal ini mengindikasikan bahwa nasabah BNI di luar negeri cukup aktif bertransaksi melalui BNI.

In other news, redanya kecemasan soal penguatan imbal hasil obligasi AS dan rencana pemerintah China untuk kembali membuka impor logam mulia mendorong harga emas naik. 

Pada akhir pekan lalu harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,71% pada level 1,776.51 dolar AS. Hasil tersebut menguat membuat harga emas menguat 1,87% sepanjang pekan, dan menjadi catatan terbaik sejak Desember 2020. 


Berita Terkini: 

🌏 World News: Kasus Harian Covid-19 di India Terus Alami Peningkatan

Source: Kompas

Source: Kompas

India: Kasus infeksi virus Covid-19 di India terus mengalami kenaikan yang signifikan. Tercatat pada hari Minggu (18/4) kemarin, ada 261.500 kasus baru harian dan 1.501 kematian. Hal ini menambah jumlah kasus aktif menjadi 1.801.316. Beberapa penyebab dari lonjakan kasus antara lain banyaknya pengabaian protokol kesehatan dan adanya varian virus baru.

Prancis: Khawatir dengan potensi penularan varian virus Covid-19, pemerintah Prancis menerapkan aturan karantina 10 hari untuk kedatangan penumpang udara dari Argentina, Brasil, Cile, dan Afrika Selatan.

Ukraina: Inggris bersiap memerintahkan kapal perang ke laut hitam di tengah perseteruan antara Rusia dan Ukraina yang memanas. Sebagai salah satu sekutu, Inggris mendukung kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. Penyebab dari kejadian ini adalah Rusia yang terus memperkuat pasukan di kawasan dekat perbatasan Ukraina.

Filipina: Pihak berwenang Filipina menyita 200 ton cangkang kerang raksasa yang ditangkap secara ilegal. Empat tersangka telah ditangkap di Green Island, terkait perburuan kerang raksasa ini. Cangkang kerang raksasa ini bernilai hampir 1,2 miliar peso atau sekitar 363 miliar rupiah. Salah satu cangkang kerang yang disita termasuk kerang Tridacna gigas, salah satu yang terbesar di dunia.

Myanmar: Panglima junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, dikabarkan akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta pada 24 April 2021. Hal ini disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand, Tanee Sangrat, pada Sabtu (17/4).


 πŸ•· #MusimLaba Grup Mitra Adiperkasa

Source: Mitra Adiperkasa

Source: Mitra Adiperkasa

PT MAP Boga Adiperkasa Tbk ($MAPB), PT Map Aktif Adiperkasa Tbk ($MAPA), dan induknya PT Mitra Adiperkasa Tbk ($MAPI) merupakan bagian dari Grup Mitra Adiperkasa (MAP).

Grup MAP sendiri memiliki fokus pada penjualan ritel, department store, toko buku, manufaktur, kafe dan restoran. MAPA berfokus pada segmen sports & leisure melalui outlet seperti Kidz Station, Sports Station, Adidas, dan Nike. MAPB memiliki fokus di bisnis kafe dan restoran melalui outlet seperti Starbucks, Pizza Marzano, dan Genki Sushi. Selain merk yang dipegang oleh MAPA dan MAPB, MAPI juga memegang merk lain seperti Marks & Spencer, Zara, Sephora, Sogo, dan Kinokuniya.

Walaupun secara keseluruhan segmen bisnis perusahaan mengalami pemulihan pada kuartal 4, namun peningkatan ini belum mampu mengimbangi penurunan di 3 kuartal sebelumnya. Berikut adalah performa lengkap masing-masing perusahaan:

Sepanjang tahun 2020, induk perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk ($MAPI) mencatatkan penurunan pendapatan sebesar 31,2% menjadi 14,8 triliun rupiah dibanding tahun 2019. Perusahaan juga mencatat rugi usaha sejumlah 56,9 miliar rupiah. Penurunan penjualan MAP pada tahun 2020 memperlihatkan dampak pandemi Covid-19. Namun penjualan digital mencapai 10,3% dari total penjualan, melesat hingga 236% dibanding tahun 2019.

PT Map Aktif Adiperkasa ($MAPA), mengalami penurunan pendapatan sebesar 36% menjadi 4,8 triliun rupiah. Perusahaan juga mencatat laba usaha sejumlah 80 miliar rupiah, menurun 91% jika dibandingkan 2019. Walaupun begitu, penjualan MAPA pada kuartal ke-4 mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 43,9% dari kuartal ketiga. Hal ini dipicu strategi perusahaan yakni unified retail yang mengintegrasikan platform online, offline, dan program loyalty menjadi satu jalur komunikasi pelanggan.

Layaknya perusahaan retail lainnya di masa pandemi, PT Map Boga Adiperkasa ($MAPB) juga mengalami penurunan pendapatan sebesar 33,95% menjadi 2 triliun rupiah. Baik dari penjualan makanan maupun minuman keduanya mengalami penurunan sebesar 36% dan 33%. Perusahaan juga mencatat rugi usaha sebesar 153 miliar rupiah turun 168% dibanding 2019.

Berikut adalah informasi lainnya mengenai kinerja MAPI selama tahun 2020:

  • Tingkat inventory per akhir Desember 2020 tercatat mengalami penurunan 12,6% dibandingkan pada kuartal ke-3 seiring dengan meningkatnya permintaan pada musim liburan untuk produk baru MAP yang melampaui ekspektasi.

  • Net profit margin perusahaan tahun 2020 turun menjadi -0,38% dari 8.9% pada tahun 2019.

  • Perusahaan melalui program loyalti MAP Club memperkenalkan produk baru kepada 3,7 juta anggota MAP Club pada musim liburan tahun 2020.


πŸ’‰ Enam Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia

Source: Setpres

Source: Setpres

Hari Minggu (18/4) siang, sebanyak 6 juta bahan baku vaksin Sinovac dari Tiongkok tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Ini adalah bagian dari pengiriman vaksin tahap kedelapan yang diterima Indonesia.

Nantinya oleh PT Bio Farma, total 59,5 juta bahan baku vaksin Sinovac dapat diproduksi menjadi 47 juta dosis vaksin. Hingga saat ini, Bio Farma telah berhasil memproduksi sebanyak 22 juta dosis vaksin dan semuanya sudah didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin, dalam satu bulan kedepan akan ada tambahan 20 juta dosis yang sudah selesai diproduksi. Beliau juga memastikan dengan adanya penambahan stok ini, program vaksinasi bisa berjalan lancar hingga bulan Mei.

Hingga Minggu (18/4) jumlah penerima dosis vaksin secara lengkap telah mencapai 5.910.921 jiwa. Pada hari itu, jumlah warga yang menerima vaksin dosis pertama ada sebanyak 27.175 jiwa dan vaksin dosis kedua sebanyak 21.205 jiwa.


πŸ’° What to watch for: This Week 

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Indonesia: Fasilitas pembiayaan dan fasilitas deposito pada bulan April 2021 (Selasa)

  • Inggris: Tingkat inflasi dan inflasi inti pada bulan Maret 2021 (Rabu)

  • Afrika Selatan: Tingkat inflasi dan inflasi inti pada bulan Maret 2021 (Rabu)

  • Canada: Tingkat inflasi dan inflasi inti pada bulan Maret 2021 (Rabu)

  • Japan: Tingkat inflasi dan inflasi inti pada bulan Maret 2021 (Jumat)

Dividend:

  • $AUTO 15,5 rupiah/lembar (Cum Date: Selasa)

  • $MFMI 17 rupiah/lembar (Cum Date: Selasa)

  • $CINT 1 rupiah/lembar (Cum Date: Kamis)

  • $AALI 153 rupiah/lembar (Cum Date: Kamis)

Right issue:

  • $FREN dengan perbandingan 52:1 di harga 120 rupiah/lembar (Cum Date: Kamis)


Saham Top Gainer hari ini:
$RALS (+10,18%)
$KAEF (+7,57%)
$LINK (+7,33%)
$MPMX (+7,09%)

Saham Top Loser hari ini:
$BFIN (-6,49%)
$INKP (-6,04%)
$TKIM (-6,02%)
$PSAB (-4,63%)

Performa sektor hari ini:
PROPERTY (+0,78%)
CONSUMER (-0,07%)
FINANCE (-0,24%)
AGRI (-0,30%)
MINING (-0,39%)
INFRASTRUCTURE (-0,68%)
MISC-IND (-0,78%)
TRADE (-1,02%)
BASIC-IND (-2,21%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

fire.gif

PT Mega Corpora Tbk ($MEGA) berencana membeli 1,09 miliar saham Bank Harda Internasional Tbk ($BBHI) dengan total 176,28 miliar rupiah.

  • PT Sentul City Tbk ($BKSL) resmi menjual AEON Mall Sentul City dengan harga 1,9 triliun rupiah. Perusahaan resmi menjual tanah dan bangunan kepada PT AEON Mall Indonesia.

  • PT Bank Tabungan Negara Tbk ($BBTN) siap membiayai 10 ribu rumah per tahun bagi prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

  • PT Perusahaan Gas Negara Tbk ($PGAS) menggandeng PT Jateng Petro Energi (JPEN) untuk menyiapkan pasokan dan infrastruktur gas terkompresi untuk memenuhi kebutuhan gas di Jawa Tengah.

  • Jaga stabilitas harga saham perusahaan, PT Merdeka Copper Gold Tbk ($MDKA) menyiapkan dana 530 miliar rupiah untuk melakukan pembelian kembali (buyback).


Penulis: Theodore Henoch
Editor: Calvin Kurniawan, Sarah Natassja, Almer Dzaki, Michael Owen Kohana