💸 Pemerintah Subsidi Ongkir di Harbolnas / by Stockbit Snips

Source: Bisnis Kurir

Source: Bisnis Kurir

Komoditas 20 april 2.png

Sebagai kompensasi perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjelang Lebaran, pemerintah Indonesia akan memberikan stimulus daya beli melalui program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Harbolnas akan jatuh pada H-10 dan H-5 sebelum Idulfitri. Pada kedua Harbolnas tersebut, biaya pengiriman belanja online tidak akan ditanggung oleh konsumen, melainkan oleh pemerintah atau platform penyedia. Untuk itu, pemerintah telah menganggarkan dana sebesar 500 miliar rupiah. Program ini ditargetkan dapat menggenjot Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan mendorong konsumsi sehingga menghasilkan transaksi sebesar 20 triliun rupiah.

Selain Harbolnas, pemerintah juga telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2021 untuk memastikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) pekerja dapat dibayarkan secara penuh.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Inggris Eksplorasi Mata Uang Digital

Source: Kompas

Source: U Today

Inggris: Bank Sentral dan Departemen Keuangan Inggris membentuk gugus tugas khusus untuk Central Bank Digital Currency (CDBC) atau mata uang digital. Gugus tugas ini bertujuan untuk mengeksplorasi serta melihat risiko dan peluang yang dimiliki oleh mata uang digital.

Selandia Baru: Travel-Bubble dua arah antara Selandia Baru dan Australia resmi dibuka pada Senin (19/4) kemarin. Kebijakan ini mengizinkan masyarakat dari kedua negara untuk saling berkunjung tanpa harus melakukan karantina mandiri.

Amerika Serikat: Lebih dari 130 ribu orang telah menandatangani petisi yang meminta Amazon untuk menerima Dogecoin untuk menjadi salah satu metode pembayaran yang sah. Petisi ini muncul setelah harga Dogecoin mengalami kenaikan yang drastis hingga valuasinya hampir mencapai 50 miliar dolar AS.

Brazil: Berbagai kelompok masyarakat adat berkumpul di Brasilia pada Senin (19/4) kemarin untuk melakukan aksi unjuk rasa. Aksi ini dilakukan untuk menolak rancangan undang-undang yang diajukan oleh pemerintah federal untuk melegalkan pertambangan di wilayah milik masyarakat adat.

Belanda: Perusahaan pemasok alat telekomunikasi asal Tiongkok, Huawei, diduga telah menyadap semua panggilan yang dilakukan melalui jaringan telepon seluler terbesar di Belanda, KPN. Dugaan ini dimuat di surat kabar de Volksrant berdasarkan laporan dari firma konsultan Capgemini untuk KPN.


 🕷 #MusimLaba Erajaya Swasembada

Source: Mitra Adiperkasa

Source: Market Bisnis

Erajaya Swasembada ($ERAA) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan pengecer produk dalam layanan mobile, seperti telepon genggam, Subscriber Identity Module Card (SIM Card), voucher untuk telepon seluler, dan aksesori. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2000. Hingga saat ini, perusahaan memiliki tiga multibrand, yaitu Erafone, Urban Republic dan EraPlus.

Erajaya Swasembada telah mencatatkan perolehan pendapatan sebesar 34,1 triliun rupiah pada tahun 2020, naik 3,5% dari tahun sebelumnya. Seiring dengan kenaikan pendapatan, perusahaan juga mengalami kenaikan laba bersih menjadi 671 miliar rupiah, atau naik 105,28% YoY.

Rata-rata harga jual unit naik (ASP/average selling price) menjadi 2,54 juta tahun ini, tapi jumlah volume yang dijual turun 21% YoY dari 13,0 juta unit menjadi 10,2 juta unit. Kenaikan ASP juga didorong karena turunnya proporsi penjualan feature phone yang harga jualnya hanya di level 400-600 ribu rupiah. Feature phone adalah HP yang tampilannya jadul (keypad nya dari 1 sampe 9), namun mempunyai fitur-fitur smartphone seperti kemampuan akses internet, sehingga bisa untuk nonton Youtube, buka IG dan WA.

Informasi keuangan perusahaan lainnya:

  • Perusahaan telah melakukan ekspansi dengan mendirikan 135 toko baru pada tahun 2020, sehingga Erajaya total memiliki 1.053 gerai toko.

  • Semenjak pandemi, perusahaan juga fokus melakukan promosi melalui kanal daring dan berhasil meningkatkan penjualan sebesar 42% lebih banyak dibandingkan promosi-promosi sebelumnya yang dilakukan secara offline.

  • Pendapatan Erajaya masih didominasi penjualan ponsel dan tablet sebesar 76,3%.

  • Kenaikan pendapatan dipicu oleh harga jual rata-rata yang meningkat 29% YoY.

  • Terdapat perbaikan pada average inventory days yang turun dari 63 hari ke 41 hari.


Tencent Dirikan Pusat Data di Indonesia

Source: Setpres

Source: Setpres

Tencent Cloud, anak usaha Grup Konglomerasi Tencent yang bergerak di sektor cloud computing, mendirikan pusat data di Indonesia.

Wah, kok bisa?
Pertimbangan utama dalam pendirian pusat data di Indonesia adalah potensi yang dimiliki Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, pasar cloud-computing di Indonesia diproyeksikan akan mencapai 11,7 triliun rupiah dalam dua tahun mendatang.

Buat apa sih bikin pusat data di Indonesia?
Kehadiran pusat data tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan data grup Tencent di Indonesia.

Apa aja sih layanan milik Tencent di Indonesia?

  • Game: League of Legends, Player Unknowns' Battleground (PUBG) Mobile, NBA 2K, dan Need for Speed.

  • Video on demand (VoD): Iflix dan WeTV

  • Layanan pesan instan: WeChat

  • E-commerce: Shopee


Saham Top Gainer hari ini:
$KAEF (+11,11%)
$WIIM (+10,94%)
$TBIG (+7,63%)
$SMRA (+5,32%)

Saham Top Loser hari ini:
$RALS (-6,52%)
$BNGA (-5,99%)
$MDKA (-4,20%)
$PSAB (-3,40%)

Performa sektor hari ini:
MISC-IND (+1,57%)
AGRI (+0,81%)
BASIC-IND (+0,54%)
CONSUMER (+0,27%)
INFRASTRUCTURE (+0,03%)
PROPERTY (-0,12%)
TRADE (-0,15%)
MINING (-0,83%)
FINANCE (-0,91%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

fire.gif
  • Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) memberikan fasilitas green loan sebesar 13 juta dolar AS kepada Chandra Asri Petrochemical ($TPIA). Fasilitas pinjaman ini akan digunakan Chandra Asri untuk mengembangkan proyek ramah lingkungan.

  • Nippon Indosari Corpindo ($ROTI) akan melaksanakan pembelian kembali (buyback) saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 300 juta saham dengan nilai maksimal saham yang akan dibeli sebesar 480 miliar rupiah. Perusahaan membatasi harga buyback maksimal 1.600 rupiah per saham.

  • Menara telekomunikasi milik grup Djarum, Sarana Menara Nusantara ($TOWR), telah menandatangani surat penawaran fasilitas perbankan dengan JP Morgan Chase Bank. Melalui surat tersebut, Sarana Menara Nusantara mendapatkan suntikkan dana sebesar 700 miliar rupiah dari JP Morgan.

  • Weha Transportasi Indonesia ($WEHA) tengah menyiapkan strategi perluasan rute melalui anak usahanya, DayTrans, untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Melalui DayTrans, perseroan sampai saat ini berhasil menambahkan empat rute baru untuk memperluas jaringan rute operasionalnya, di antaranya Jakarta-Semarang, Bandung-Yogyakarta, Semarang-Surabaya, dan Yogyakarta-Surabaya.


Penulis: Sarah Natassja
Editor: Calvin Kurniawan, Almer Dzaki, Michael Owen Kohana, Theodore Henoch