💼 Pertemuan Donald Trump dan Luhut Pandjaitan / by Stockbit Snips

Source: CNN

Source: CNN

dasadada.PNG

Halo Stockbitor, 

Bank Indonesia potong suku bunga acuan dari 4% menjadi 3,75%.

In other news, pemerintah Uni Eropa secara resmi hentikan penyelidikan mengenai antisubsidi terhadap produk baja hot rolled stainless steel (HRSS) asal Indonesia.

Selain itu, Warren Buffett investasi sebesar 5 miliar dolar AS di 4 perusahaan farmasi yaitu AbbVie, Bristol Myers Squibb, Merck, dan Pfizer selama kuartal 3 2020.


Berita Terkini: 

💼 Pertemuan Donald Trump dan Luhut Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih.

Trump juga didampingi Jared Kushner, Ivanka Trump, dan Adam Boehler (CEO IDFC). Luhut juga bertemu dengan Wakil Presiden AS Mike Pence serta National Security Advisor (NSA) AS Robert O’ Brien pada kunjungannya.

Dalam pertemuannya, Luhut menyampaikan salam dari Jokowi atas kerja sama RI dan AS dalam Generalized System of Preferences (GSP) yang kembali diperpanjang. GSP adalah fasilitas perdagangan berupa pembebasan tarif bea masuk yang pertama kali didapatkan Indonesia dari AS pada tahun 1980.

Selain itu, wakil presiden Mike Pence juga menawarkan kerja sama produksi vaksin COVID-19 antara perusahaan AS dan Indonesia. Sedangkan, dalam pertemuan dengan Robert O'Brien terdapat pembahasan mengenai kemitraan strategis Indonesia dan AS, terutama di bidang pertahanan dan teknologi.

Awalnya, salah satu agenda Luhut pada saat ke Amerika Serikat juga termasuk bertemu dengan CEO dari Tesla, Elon Musk untuk membicarakan lebih lanjut mengenai ketertarikan Tesla dalam mendirikan pabrik baterai untuk kendaraan listrik (electric vehicle) di Batang, Jawa Tengah. Namun, pertemuan itu tertunda karena Elon Musk positif COVID-19. 


💉 Kelanjutan Vaksinasi COVID-19

Presiden Jokowi mengatakan bahwa vaksinasi di Indonesia di mulai akhir 2020 atau awal 2021.

Hal ini karena masih perlu didapatkan emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta penyiapan distribusi vaksin ke seluruh provinsi di Indonesia.

Vaksin yang digunakan adalah produksi Sinovac, Novavax dan Merah Putih.

Kebutuhan vaksin di Indonesia sendiri sekitar 235,8 juta dosis yang digunakan untuk 107,2 juta orang (67% dari populasi Indonesia yang berumur 18-59 tahun). Setiap orang yang divaksin akan menggunakan 2 dosis, dan terdapat kapasitas sebesar 10% wastage rate untuk antisipasi vaksin tidak terpakai, rusak maupun hilang.

Pelaksanaan vaksinasi akan terbagi menjadi dua skema, yaitu vaksin program (dibiayai pemerintah) dan vaksin mandiri. Proporsi vaksin pemerintah adalah sebesar 30% atau sekitar 32,1 juta orang. Sedangkan, vaksin mandiri akan menargetkan 70% atau sekitar 75 juta orang dan tugas ini ditugaskan untuk Kementerian BUMN.


🔙 #ThrowbackThursday Top Gainer dari Maret

Setelah sempat menyentuh level terendah di 3.937 pada saat tanggal 24 Maret, IHSG sudah kembali rebound ke level diatas 5.500.

Harga banyak saham pun sudah banyak yang recover dari level terendah itu, tapi inilah beberapa saham yang berhasil mengalami peningkatan terbanyak dari 24 Maret tahun ini sampai hari ini (19 November):

Selain itu, saham Kompas 100 yang berhasil meningkat lebih dari 150% adalah $KAEF, $SMBR, $ANTM, $BBKP, $INCO, $TINS, $INKP, $BULL, $GIAA, dan $AALI.


Top Gainer hari ini:
$APLN (+35,00%)
$LPKR (+19,40%)
$INDY (+12,92%)
$ITMG (+11,69%)

Top Loser hari ini:
$ACES (-3,15%)
$CPIN (-1,92%)
$PSAB (-1,85%)
$SIDO (-1,23%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Cikarang Listrindo ($POWR) berencana memasuki industri mobil listrik (electric vehicle).

  • Dharma Satya Nusantara ($DSNG) menggandeng perusahaan Singapura Verdant Bioscience Pte Ltd dalam mengembangkan teknologi bibit kelapa sawit hibrida dan berkualitas unggul di Indonesia.

  • Mega Corpora masuk jadi pemegang saham Bank Bengkulu lewat private placement.

  • Surya Semesta Internusa ($SSIA) telah memulai tahap pertama pembangunan proyek Subang Smartpolitan (seluas 400 ha).