📡 Kelanjutan Satelit Satria / by Stockbit Snips

Source: Kompas

Source: Kompas

dasdasdaad.PNG

Halo Stockbitor, 

Harga Bitcoin dekati level tertinggi sepanjang masa, yaitu sekitar 253 juta rupiah. Sebelumnya, pada akhir tahun 2017 Bitcoin sempat menyentuh level 266 juta rupiah sebelum akhirnya sempat turun ke bawah level 50 juta rupiah setahun setelahnya.

In other news, rupiah mulai melemah kembali. USD/IDR saat ini (20 November) dekati level 14.200 setelah sempat menguat mendekati level 14.000 pada tanggal 17 November. Pada awal bulan April, USD/IDR sempat melampaui 16.600.


Berita Terkini: 

📡 Kelanjutan Satelit Satria

Satelit Satria adalah satelit berkecepatan tinggi yang dibuat khusus untuk Internet. Satelit Satria juga merupakan VHTS (very high throughput satellite) 150 Gbps, teknologi satelit yang digunakan di Luksemburg, Amerika Serikat, dan Kanada. 

Satelit Satria sendiri dirancang untuk memenuhi kebutuhan internet berkecepatan tinggi di 149.000 titik daerah terluar, terdepan, tertinggal yang terdiri dari sekolah (93.900 titik), kantor pemerintah (47.900 titik), Puskesmas (3.700), serta markas polisi dan TNI (3.900 titik).

Proyek yang memakan biaya sebesar 21,4 triliun rupiah ini awalnya direncanakan beroperasi pada 31 Maret 2023. Namun, pada akhir bulan Oktober kemarin Indonesia meminta perpanjangan 14 bulan dari tenggat waktu itu karena adanya pandemi COVID-19.

Namun, ITU (International Telecommunication Union) menolak permintaan tersebut. Apabila Satria gagal orbit pada waktu yang ditentukan, ada risiko kehilangan slot orbit yang bisa menyendat program digitalisasi Indonesia.

Untuk mengantisipasi hal itu, dilakukan pencarian slot baru dengan cara penggeseran satelit ke orbit 113 derajat bujur timur (BT) yang saat ini masih kosong.

Namun, Masyarakat Telematika Indonesia menyatakan bahwa selain karena COVID-19, beberapa faktor yang menyebabkan perpanjangan tersebut adalah karena pabrikasi satelit belum siap, dan pembangunan ground segment sulit selesai tepat waktu. Menurutnya, pencarian slot juga dinilai tidak mudah karena jumlah terbatas sedangkan permintaan dari berbagai negara sangat banyak.


📈 Harga Karet Terkerek Naik

rubber.PNG

Pandemi COVID-19 sangat menekan harga karet. Ditutupnya pabrik mobil menjegal permintaan karet yang banyak digunakan pada ban mobil.

Selain itu, penurunan harga minyak yang signifikan dan bahkan pernah menyentuh teritori negatif juga membuat harga karet sintetis turun, barang substitusi yang terbuat dari turunan minyak.

Namun, saat ini harga karet berada di level jauh lebih tinggi dari awal tahun.

Beberapa penggerak harga karet tersebut adalah peningkatan aktivitas ekonomi di China terutama karena kenaikan penjualan mobil (naik 13% pada Oktober dibanding tahun lalu) serta kenaikan kebutuhan sarung tangan karet di Amerika Serikat yang dipakai di sektor kesehatan.

Saat ini China mendominasi permintaan pasar karet alami dengan kurang lebih 40% dari demand dunia. Dari bulan Januari sampai Oktober tahun ini, China mengimpor lebih dari 4,5 juta metrik ton karet, meningkat sebesar 587 ribu ton menurut Association of Natural Rubber Producing Countries.


👨 #FigureFriday Lo Kheng Hong

Setelah membahas pebisnis legendaris di balik beberapa grup konglomerasi terbesar di Indonesia pada edisi Throwback Thursday sebelumnya, hari ini kita akan bahas tentang investor legendaris yang sering dibilang sebagai Warren Buffet nya Indonesia, Lo Kheng Hong.

Lo Kheng Hong kuliah jurusan sastra Inggris di Universitas Nasional dan sempat bekerja sebagai pegawai tata usaha di PT Overseas Express Bank (OEB).

Dari situ, pada saat ia sering diminta untuk fotokopi surat-surat seperti BPKB, surat rumah, dan kwitansi yang membuatnya paham dengan sistem keuangan di bank.

Itu ia tekuni dan pada tahun 1989 ia mulai investasi saham, pada saat berumur 30 tahun.

Namun setelah 11 tahun dan karir nya stagnan, ia pindah ke Bank Ekonomi pada tahun 1990 dan jadi kepala cabang di tahun berikutnya.

Setelah terkumpul uang yang cukup besar, ia akhirnya berhenti bekerja pada tahun 1996 dan menjadi full-time investor.

Akhirnya, sampai sekarang Lo Kheng Hong berhasil mencatatkan beberapa investasi yang amat sukses seperti pada United Tractors ($UNTR). Multibreeder Adirama Indonesia, Timah ($TINS), dan Indah Kiat ($INKP).

Saat ini, beberapa perusahaan yang ia miliki lebih dari 5% dari seluruh saham perusahaan tersebut adalah Petrosea ($PTRO) sebanyak 15%, Mitrabahtera ($MBSS) sebanyak 5,8% dan Global Mediacom ($BMTR) sebanyak 5,68% .


Top Gainer hari ini:
$KBLI (+8,88%)
$WTON (+6,00%)
$WSBP (+4,90%)
$ELSA (+4,10%)

Top Loser hari ini:
$SPTO (-3,78%)
$APLN (-3,70%)
$WSKT (-3,30%)
$ACES (-3,25%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Sillo Maritime Perdana ($SHIP) beli kapal tanker minyak senilai 18,5 juta dolar AS karena kapasitas sudah penuh.

  • Garuda Indonesia ($GIAA) tetapkan Prasetio sebagai direktur keuangan menggantikan Fuad Rizal. Prasetio adalah mantan direktur dari Bank Danamon ($BDMN).

  • Timah ($TINS) bangun Pilot Plant untuk logam tanah jarang di Bangka.

  • Klaim asuransi kredit meningkat 50,9% yoy pada Q3 2020.

  • 10% portfolio pinjaman Koinworks direstrukturisasi.

  • Federal Administration Aviation kembali mengizinkan Boeing 737 Max 8 untuk terbang setelah dilarang pada Maret 2019. Namun, Garuda Indonesia ($GIAA) dan Lion Air memutuskan untuk menunda operasi pesawat tersebut.

  • Jumlah korban jiwa COVID-19 di AS lampaui 250 ribu orang.