🏍️ Telkomsel Investasi di Gojek / by Stockbit Snips

Source: Tirto

Source: Tirto

Capture-removebg-preview.png

Halo Stockbitor, 

Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) berharap volume produksi kertas tetap ada di level tahun 2019, yaitu pada level 13,6 juta ton. Ini disebabkan karena adanya penurunan permintaan akibat tutupnya sekolah dan kantor. Namun, peningkatan permintaan dari industri lain seperti tisu maupun masker dapat menopang penurunan tersebut, walau tentu mesin produksi yang digunakan tidak sama dengan kertas biasa sehingga ekspansi perusahaan membutuhkan investasi mesin tambahan.

Namun, penurunan harga pulp dan kertas yang berkisar di level 20% tahun ini tetap menurunkan nilai ekspor.

Tidak hanya itu, adanya kebijakan impor impor limbah nonberbahaya dan beracun (B3) juga meningkatkan bahan baku kertas daur ulang (KDU). Bahkan, harga harga KDU coklat lokal meningkat sampai dengan Rp2.900 per kilogram, naik 45% sepanjang 2019.

Perusahaan pulp and paper yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga mengalami tekanan dari segi pendapatan. Pada 9M20, pendapatan Tjiwi Kimia ($TKIM) turun dari 827 juta dolar AS jadi 650 juta dolar AS sedangkan Indah Kiat ($INKP) turun dari 2,47 miliar dolar AS menjadi 2,19 miliar dolar AS. Namun, kedua perusahaan berhasil menaikan laba, berkat peningkatan net profit margin (NPM). NPM $TKIM naik dari 18,4% menjadi 25,9% sedangkan $INKP naik dari 9,6% jadi 13,1%.


Berita Terkini: 

🚢 New Priok Setelah Tidak Lagi Masuk PSN

Pembangunan Pelabuhan Kalibaru atau New Priok Container Terminal (NPCT) bergantung pada Pelindo II (IPC) setelah keluar dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2018 dan digantikan dengan Pelabuhan Patimban.

Padahal, proyek NPCT ditargetkan selesai terlebih dahulu, yaitu tahun 2035, sedangkan Patimban pada tahun 2045. Awalnya, Pelabuhan Patimban juga dirancang sebagai penyangga Tanjung Priok.

Sekarang ini, Pelindo II berkomitmen melanjutkan proyek itu dengan tanpa jaminan dari pemerintah dan bahkan sudah menerbitkan global bond senilai 1,6 miliar dolar AS pada tahun 2015 yang salah satu tujuannya untuk pendanaan NPCT.

Padahal, apabila kebutuhan industri sudah dipenuhi oleh Patimban, pengembangan NPCT bisa saja dihentikan. Ketua Umum  Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham Masita juga menyatakan bahwa dari segi lokasi, Tanjung Priok tidak sesuai karena pengguna jasa pelabuhan lokasi nya tidak lagi di Jakarta.

NPCT Tahap 2 dan 3 yang awalnya ditargetkan selesai pada semester 1 tahun 2020, tapi sempat dihentikan karena temuan dan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyebutkan pembangunan NPCT tahap 1 atau reklamasi pertama gagal konstruksi.

Pembangunan Perumahan ($PTPP) adalah kontraktor tahap pertama NPCT sedangkan pada tahap kedua dan ketiga, perusahaan tersebut mengurusi pancang, dredging dan breakwater.


🏍️ Telkomsel Investasi di Gojek

Telkomsel, anak usaha dari $TLKM, investasi sebesar 2,1 triliun rupiah di Gojek. Dengan asumsi valuasi Gojek sebesar 10 miliar dolar AS atau sekitar 140 triliun dengan kurs dolar AS 14.000, ini berarti kepemilikan Telkomsel sejumlah 1,5%.

Menurut Direktur Utama $TLKM, investasi ini dilakukan untuk mengembangkan bisnis digital layanan digital yang dimiliki perusahaan.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo juga menyatakan bahwa dana yang didapat dari investasi Telkomsel tersebut salah satunya akan digunakan untuk melahirkan produk baru.

Tentunya, pemain pasar banyak yang menerka-nerka sinergi apa yang bisa dibawa dengan adanya transaksi investasi ini.

Sebelumya, setelah mendapatkan investasi dari Astra International ($ASII) secara total sebanyak 250 juta dolar AS pada saat ronde pendanaan seri E dan F, $ASII dan Gojek mendirikan joint venture yang akhirnya berujung pada penciptaan layanan GoFleet.

Sampai saat ini, pendanaan Gojek sudah mencapai Seri F. Beberapa investor Gojek antara lain adalah Google, Temasek, Facebook, Paypal, JD.com, Mitsubishi, dan Astra International ($ASII).

Gojek juga jadi satu-satunya perusahaan berstatus decacorn (valuasi melebihi 10 miliar dolar AS). Sedangkan, terdapat 5 perusahaan Indonesia lain yang berstatus unicorn (valuasi melebihi 1 miliar dolar AS) yaitu Tokopedia, Traveloka, OVO, Bukalapak dan JD.ID.

Anak usaha Gojek, Gopay juga mendekati posisi kedua pasar uang elektronik di Indonesia, yaitu sebesar 19%. Kompetitor utama Gopay, OVO berada di peringkat pertama dengan 20%. Mandiri memiliki pangsa pasar yang serupa dengan Gopay dengan 19%. Sedangkan, DANA dan BCA berada di peringkat empat dan kelima dengan market share sebesar 10%.


#WisdomWednesday Howard Marks


Top Gainer hari ini: 
$GIAA (+18,79%)
$PGAS (+7,48%)
$TINS (+7,04%)
$SMBR (+5,36%)

Top Loser hari ini:
$SSMS (-4,17%)
$INKP (-3,50%)
$CTRA (-2,66%)
$CPIN (-2,61%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Astra International Tbk ($ASII) akuisisi 49,99% saham di PT Astra Aviva Life (Astra Life) dari Aviva International Holdings Limited (Aviva) melalui PT Sedaya Multi Investama (SMI). Setelah akuisisi ini, kepemilikan Astra International pada Astra Life sebesar 99,99% secara langsung maupun tidak.

  • Sumber Energi Andalan Tbk ($ITMA) berencana akuisisi perusahaan di sektor ketenagalistrikan.

  • Bank BTPN ($BTPN) angkat wakil dirut baru, Kaoru Furuya yang menggantikan Kazuhisa Miyagawa dan rombak susunan komisaris.

  • Jumlah petinggi SKK Migas akan dipangkas.