🔍 Kantor Pusat Bank Panin Digrebek KPK / by Stockbit Snips

Source: Wall Street Journal

Source: Wall Street Journal

unnamed (1).jpg

Halo Stockbitor,

Ombudsman RI merasakan adanya potensi cacat administrasi atau maladministrasi terkait mekanisme pengambilan kebijakan impor beras sebanyak satu juta ton.

Padahal, menurut Kementerian Perdagangan (Kemendag), persediaan beras nasional saat ini dianggap masih aman, yaitu lebih dari lima juta ton. Harga juga dianggap masih relatif stabil. Oleh sebab itu, keputusan impor beras diminta untuk ditunda.

Yeka Hendra Fatika selaku anggota Ombudsman RI meminta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, untuk melakukan kembali rapat koordinasi terbatas (rakortas) untuk menunda keputusan impor beras. Setidaknya, penundaan dilakukan hingga Mei 2021 guna mengetahui lebih dulu data yang valid mengenai hasil panen raya dalam negeri dan pengadaan beras oleh Perum Bulog.

In other news, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menerbitkan peraturan menteri (PER-1/MBU/03/2021) yang mendorong transparansi pengurusan dan penggunaan penyertaan modal negara (PMN) di perusahaan pelat merah.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Beli Tesla Bisa Pakai Bitcoin

unnamed (2).jpg

Amerika Serikat: Tesla membuka akses pembayaran kendaraan listrik menggunakan Bitcoin mulai Rabu (24/3) lalu.

Korea Utara: Korea Utara kembali luncurkan dua rudal balistiknya ke Laut Jepang. Hal ini adalah insiden lanjutan setelah Korea Utara mengkritik langkah Amerika Serikat dan Korea Selatan yang menggelar latihan militer gabungan.

Australia: Setelah dilanda banjir besar selama beberapa hari belakangan akibat cuaca yang buruk, warga Australia juga dihantui "wabah" laba-laba mematikan yang diperkirakan bakal masuk ke rumah-rumah penduduk karena kehilangan habitat.

Arab Saudi: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengonfirmasi bahwa seorang pejabat Arab Saudi melontarkan ancaman pembunuhan terhadap seorang ahli independen penyelidik kasus kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Mesir: Pihak berwenang mengerahkan delapan kapal untuk membebaskan kapal kontainer yang tersendat di Terusan Suez. Kapal kontainer tersangkut akibat kehilangan navigasi usai dihantam badai pasir dengan angin berkecepatan tinggi. Hal ini berakibat terhalangnya lalu lintas jalur perdagangan terbesar di dunia.


 🕷 #MusimLaba HM Sampoerna

unnamed (3).jpg

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. ($HMSP) telah menjadi bagian penting dari industri tembakau Indonesia selama lebih dari seratus tahun, dengan produk seperti Dji Sam Soe, Sampoerna A, Sampoerna Kretek, dan Sampoerna U.

Selama tahun 2020, HMSP mencatatkan penurunan pendapatan hingga 12,9% ke level 92,4 triliun rupiah. Sementara, figur laba bersih turun ke 8,58 triliun rupiah, atau setara dengan penurunan 37% YoY.

Penurunan ini disebabkan oleh kontraksi marjin sebagai akibat kenaikan tarif cukai dan adanya sejumlah pengeluaran tetap di tengah merosotnya pendapatan.

Ringkasan kinerja keuangan HMSP lainnya:

  • Beban pokok pendapatan perusahaan turun 7,8% menjadi 73,6 triliun rupiah

  • Penjualan terbesar berasal dari segmen sigaret kretek mesin dengan porsi 66,25%

  • Jika dibandingkan dengan tahun 2019, volume penjualan HMSP turun 21% YoY menjadi 77,6 miliar batang

  • Net profit margin tahun 2020 menjadi 9,2% dibandingkan tahun 2019 senilai 12,9%


🔍 Kantor Pusat Bank Panin Digrebek KPK

Source: Wall Street Journal

Source: Wall Street Journal

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor pusat Bank Panin di Jakarta. Penggeledahan ini terkait dugaan suap di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan.

Saat penggeledahan, pihak KPK mengamankan berbagai dokumen dan barang elektronik terkait dengan perkara. Selanjutnya, bukti-bukti ini akan segera dianalisis untuk pengajuan penyitaan dan menjadi bagian dalam berkas perkara penyidikan.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebut bahwa terdapat tiga perusahaan yang diduga terkait dengan kasus di Ditjen Pajak tersebut, yaitu PT Jhonlin Baratama, Panin Bank, dan PT Gunung Madu Plantations.

Terus, gimana dampak nya ke harga saham Grup Panin?
Akibat dari kejadian ini, tercatat enam emiten Grup Panin yang melantai berakhir di zona merah selama dua hari berturut-turut.

Koreksi paling dalam dicatatkan oleh induk usaha Bank Pan Indonesia ($PNBN), yakni Panin Financial ($PNLF) yang turun 4,39% ke level 218 rupiah per lembar saham per Rabu (24/3) lalu.

Sedangkan, pada tanggal (25/3), penurunan terbesar dialami oleh Bank Pan Indonesia yang turun 4,15%.


Saham Top Gainer hari ini:
$ERAA (+8,08%)
$KLBF (+4,26%)
$TBIG (+3,03%)
$RAJA (+2,73%)

Saham Top Loser hari ini:
$SMBR (-5,52%)
$BUMI (-4,41%)
$BRIS (-4,23%)
$PNBN (-4,15%)

Performa sektor hari ini:
INFRASTRUCTURE (+1,14%)
BASIC-IND (+0,32%)
MINING (-0,07%)
CONSUMER (-0,11%)
MISC-IND (-0,21%)
TRADE (-0,59%)
AGRI (-1,21%)
PROPERTY (-1,25%)
FINANCE (-1,37%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Bank Negara Indonesia Tbk ($BBNI) mengumumkan rencana penerbitan obligasi lima ratus juta dolar AS. Rencananya, dana hasil penerbitan obligasi ini akan digunakan perseroan untuk keperluan pembiayaan dan pendanaan umum BBNI.

  • Wijaya Karya Beton Tbk ($WTON) melalui anak usahanya, PT Citra Lautan Teduh (CLT), resmi melakukan ekspor perdana tiang pancang ke Taiwan.

  • Indofarma Tbk ($INAF) telah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar 199,86 miliar rupiah.

  • Pool Advista Indonesia Tbk ($POOL) berencana mendirikan anak usaha baru, yakni PT Pool Konstruksi Terbarukan dan PT Pool Energi Terbarukan.


Penulis: Theodore Henoch
Editor: Calvin Kurniawan, Florie Aurantia, Almer Dzaki