📈 OJK Tetapkan Semua Emiten Wajib Punya Pengendali / by Stockbit Snips

Source: IDX

Source: IDX

unnamed (1).png

Halo Stockbitor,

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, menuturkan bahwa Indonesia sepakat untuk bekerja sama dengan Singapura dalam pembentukan pilot project pembukaan kembali sektor perjalanan dan pariwisata di tengah COVID-19.

Kesepakatan ini hadir setelah Indonesia menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, di Jakarta pada Kamis (25/3) lalu. Indonesia dan Singapura akan memperbolehkan kembali adanya arus wisatawan dari kedua belah pihak dengan merancang protokol yang aman.

In other news, Indonesia siap untuk meluncurkan infrastruktur jaringan 5G di dua belas wilayah hingga 2024 mendatang. Dua belas wilayah tersebut adalah Jakarta sebagai Ibu Kota Negara (IKN), lima Ibu Kota Provinsi (IKP) di Pulau Jawa, lima kawasan dengan kategori Destinasi Wisata Superprioritas, dan satu kawasan industri manufaktur terpilih.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Dikritik Masalah Uighur, Tiongkok Boikot H&M dan Nike

unnamed (2).png

Tiongkok: Pemerintah Tiongkok memboikot brand ternama, Nike dan H&M, setelah kedua perusahaan tersebut melontarkan kritiknya terhadap persoalan kerja paksa suku Uighur di pabrik kapas Xinjiang. Dua perusahaan e-commerce besar Tiongkok, yaitu Alibaba dan JD.com, turut menghapus kedua produk brand tersebut dari marketplace.

Israel: Partai Islam konservatif, Raam, secara mengejutkan berhasil mengamankan kursi di parlemen Israel setelah memenangkan sembilan puluh persen suara pada pemilu Selasa (23/3) lalu. Peristiwa ini mengundang pertanyaan terkait dinamika politik Israel ke depannya, melihat pemerintahan Netanyahu yang seringkali melontarkan hal negatif terkait Palestina serta orang-orang turunan Arab.

Korea Utara: Dunia internasional menyayangkan sikap Korea Utara yang memicu ketegangan baru di Laut Jepang. Pasalnya, Korea Utara telah meluncurkan empat rudal balistik dalam lima hari terakhir hingga Kamis (25/3). Hal ini merupakan sinyal ancaman balik atas sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Korea Utara yang melarang penggunaan rudal balistik.

Inggris: Menteri Luar Negeri Perdagangan Internasional, Liz Truss, mengatakan bahwa Inggris akan membuat empat pusat perdagangan regional untuk meningkatkan ekspor. Empat wilayah tersebut adalah Edinburgh, Cardiff, Belfast, dan Darlington. Hal ini dilakukan guna mendorong pemulihan ekonomi Inggris setelah dihantam oleh COVID-19.

Filipina: Pemerintah Filipina memutuskan untuk mengirimkan kapal perang ke Gugus Karang Whitsun di Laut Cina Selatan. Hal ini disebabkan karena sebanyak 183 kapal nelayan Tiongkok masih saja berlabuh di wilayah sengketa tersebut. Pengiriman kapal perang tersebut akhirnya memicu amarah Tiongkok dan meningkatkan ketegangan di wilayah Laut Cina Selatan.


 🕷 #MusimLaba Aneka Kimia Raya (AKR) Corporindo

unnamed (3).png

Aneka Kimia Raya Corporindo ($AKRA) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan logistik. Perusahaan ini memiliki empat segmen, yaitu distribusi produk minyak bumi kepada pelanggan industri, distribusi dan perdagangan produk kimia (soda api, resin PVC, natrium sulfat, dan lainnya), penyewaan gudang, dan transportasi.

Pada tahun 2020, Aneka Kimia Raya Corporindo mengalami penurunan pendapatan menjadi 17,71 triliun rupiah atau turun 18,38% dari tahun sebelumnya. Meskipun demikian, perusahaan mencatatkan laba bersih yang diatribusikan ke entitas induk sebesar 924,91 miliar rupiah atau melesat naik 29,6% dari tahun sebelumnya.

Kenaikan laba perusahaan yang signifikan ini didorong oleh turunnya beban pokok penjualan menjadi 15,66 triliun rupiah atau turun 20,91% dari tahun sebelumnya. Penurunan beban pokok penjualan ini lebih besar dari penurunan pendapatan, sehingga tetap membawa perusahaan meraih kenaikan laba yang drastis.

Adapun perusahaan juga tidak terpengaruh dengan rata-rata harga minyak yang mengalami penurunan selama tahun 2020. Hal ini dikarenakan pendapatan distribusi perusahaan bersifat tetap (fixed) dengan satuan rupiah/liter.

Informasi keuangan Aneka Kimia Raya Corporindo lainnya:

  • Performa penjualan perusahaan di sektor petroleum berhasil mencapai angka 2,32 juta kiloliter atau naik 10% YoY.

  • Penjualan lahan milik perusahaan dalam proyek Java Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE) juga menunjukan performa yang baik dengan menginjak angka 25 hektare pada tahun 2020.


📈 OJK Tetapkan Semua Emiten Wajib Punya Pengendali

Source: Wall Street Journal

Source: Wall Street Journal

Menyusul mulai berlakunya peraturan OJK No. 3 tahun 2021 mengenai Penyelenggaran Kegiatan di Bidang Pasar Modal, semua emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) harus mempertegas status pemegang saham pengendali.

Peraturan ini dibentuk setelah melihat banyak sekali emiten dengan jumlah pemegang saham publik yang terlampau besar, yaitu melebihi lima puluh persen. Hal ini perlu diwaspadai oleh investor karena dapat memengaruhi kebijakan ekspansi emiten ke depannya.

Emangnya pihak pengendali gunanya untuk apa sih?
Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, menuturkan bahwa pemegang saham pengendali berguna untuk memudahkan transparansi dan penagihan pertanggungjawaban apabila perusahaan merugi.

Pemegang saham pengendali sendiri memiliki dua kriteria penting, yaitu harus menguasai saham emiten hingga lebih dari lima puluh persen serta memiliki kemampuan untuk menentukan kebijakan perusahaan terbuka.

Dengan adanya pihak yang memiliki kuasa dominan dalam perusahaan, maka transparansi dan penagihan pertanggungjawaban akan mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, pemegang saham pengendali menjadi salah satu bentuk untuk meminimalisir risiko kerugian yang sangat besar bagi investor.

Terus gimana mekanisme penetapan pihak pengendalinya?
Terdapat tiga syarat bagi suatu pihak untuk dapat disahkan menjadi pihak pengendali saham suatu emiten. Pertama, penetapan pihak tersebut harus melalui keputusan RUPS. Kedua, mekanisme penetapan harus pula melalui mekanisme pengadilan. Ketiga, penetapan pihak pengendali harus berada di bawah persertujuan OJK.


Saham Top Gainer hari ini:
$ANTM (+11,47%)
$ASSA (+8,41%)
$INCO (+7,34%)
$PNBN (+7,21%)

Saham Top Loser hari ini:
$DOID (-3,57%)
$BRPT (-2,58%)
$ERAA (-2,49%)
$SMGR (-1,77%)

Performa sektor hari ini:
MINING (+3,25%)
MISC-IND (+2,19%)
AGRI (+1,53%)
INFRASTRUCTURE (+1,42%)
PROPERTY (+1,42%)
FINANCE (+1,23%)
TRADE (-1,08%)
BASIC-IND (+0,34%)
CONSUMER (+0,32%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Zebra Nusantara ($ZBRA) mendapatkan kategori sebagai unusual market activity (UMA) setelah harga sahamnya melonjak hingga 116,57% selama sepekan terakhir.

  • Bank Rakyat Indonesia (BRI) ($BBRI) berencana untuk membagikan dividen kepada pemegang saham sebesar 65 persen dari total laba bersih yang berhasil dicapai pada tahun 2020.

  • Telkom Indonesia ($TLKM) berencana untuk mengalokasikan capex di angka 35,9 triliun rupiah dari total target pendapatan tahun ini senilai 143,94 triliun rupiah. Hal ini dilakukan untuk memperkuat jaringan dan infrastruktur serta segmen digital.

  • Perusahaan pelayaran Indo Straits ($PTIS) mendirikan anak usaha baru di bidang pertambangan bernama Straits Mining Service.


Penulis: Florie Aurantia
Editor: Calvin Kurniawan, Almer Dzaki