🏦 Bank Indonesia Siap Luncurkan Mata Uang Digital / by Stockbit Snips

Source: NBC News

Source: NBC News

unnamed (1).png

Halo Stockbitor, 

Bursa Efek Indonesia (BEI) membentuk kebijakan baru untuk tidak menampilkan kode broker dalam running trade di sistem perdagangan saham. Kebijakan ini digadang-gadang akan berlaku pada 26 Juli 2021 mendatang.

Setelah aturan ini berlaku, kode broker baru akan dapat terlihat pada akhir perdagangan. Nantinya, kebijakan penutupan kode broker ini juga akan dilanjutkan dengan penutupan tipe investor, yaitu investor asing dan investor lokal. Penutupan tipe investor akan aktif enam bulan setelah penutupan kode broker.

In other news, Bank Indonesia sedang menyiapkan peluncuran mata uang rupiah digital yang disebut sebagai central bank digital currency. Uang digital ini nantinya dapat digunakan sebagai alat pembayaran sah untuk menggantikan uang kartal.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Biden Kirimkan Serangan Udara ke Suriah

unnamed (2).png

Amerika Serikat: Atas instruksi langsung Biden, AS mengirimkan serangan udara ke Suriah sebagai bentuk gertakan terhadap kelompok milisi pro-Iran. Serangan tersebut berhasil menghancurkan titik kontrol perbatasan yang digunakan oleh kelompok militan pendukung Iran, termasuk Kata'ib Hezbollah dan Kata'ib Sayyid Al-Syuhada.

Pakistan: Pemerintah Pakistan kini sedang gencar membentuk aparat kepolisian bersepatu roda (roller blades). Penggunaan sepatu roda diharapkan dapat membantu gerak aparat polisi menjadi lebih cepat. Hal ini sebagai wujud meningkatkan keamanan di jalan-jalan ramai, terlebih untuk kasus pencurian dan pelecehan yang marak terjadi.

Thailand: Dikenal sebagai organisasi militer yang 'gemuk', Thailand berupaya memangkas jumlah jenderal yang terlalu banyak dan malah menyulitkan birokrasi. Angkatan Bersenjata Thailand (RTAF) menargetkan perombakan dalam jabatan perwira tinggi sejumlah lima hingga sepuluh persen di April mendatang.

Tiongkok: Tiongkok telah menyetujui penggunaan dua vaksin baru, yaitu vaksin Sinopharm dan CanSino. Hingga kini, Tiongkok memiliki empat vaksin yang akan digunakan untuk kepentingan kesehatan publik dalam melawan virus COVID-19.


 🕷 #MusimLaba Vale Indonesia

unnamed (3).png

Vale Indonesia ($INCO) melaporkan pendapatan tahun 2020 sebesar 765 juta dolar AS, turun dari tahun 2019 yang mencatatkan pendapatan sebesar 782 juta dolar AS.

Adapun perusahaan memperoleh laba bersih tahun 2020 sebesar 83 juta dolar AS, atau naik 46% YoY. Hal ini disebabkan oleh kenaikan net profit margin dari 7,3% pada tahun 2019 menjadi 10,8% pada tahun 2020.

Kenaikan net profit margin ini disebabkan oleh penurunan beban pokok pendapatan dari 664 juta dolar AS pada tahun 2019 menjadi 640 juta dolar AS pada tahun 2020.

Penurunan beban pokok pendapatan terjadi karena harga HSFO, diesel, dan batu bara yang masing-masing mengalami penurunan sebesar 36%, 31%, dan 17%.

Informasi keuangan Vale Indonesia lainnya:

  • Selama tahun 2020, perusahaan berhasil meningkatkan jumlah produksi nikel menjadi 72 ribu ton atau mengalami kenaikan sebesar 1,4% YoY.

  • Harga realisasi rata-rata perusahaan pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 3,2% YoY.


🏞️ Indonesia Gencarkan Kawasan Ekonomi Khusus Untuk Investor

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 40 tahun 2021 mengenai penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Undang-undang ini merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 perihal Cipta Kerja.

Peraturan mengenai KEK ini diberlakukan sebagai salah satu upaya Indonesia untuk meningkatkan investasi asing yang masuk ke Indonesia.

Eh, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tuh apa sih?
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) adalah kawasan dengan batasan tertentu yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategis wilayah. Kawasan yang dikategorikan sebagai KEK akan diberikan fasilitas dan insentif khusus dari pemerintah Indonesia sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik investasi.

Tahun ini, Indonesia telah membuka dua KEK baru, yaitu KEK Lido di Bogor, Jawa Barat dan KEK Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Emangnya fasilitas dan insentif apa aja sih yang diberikan?
Kawasan KEK mendapatkan sejumlah fasilitas menarik, seperti pemberian insentif untuk industri yang beroperasi di dalam KEK. Sejumlah insentif tersebut ialah kemudahan dalam pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah, bea masuk, pajak dalam rangka impor, dan cukai.

Tidak hanya itu, industri yang beroperasi di dalam KEK juga mendapatkan pengurangan pajak transaksi atas tanah dan bangunan.

Wah, pantesan bisa menarik untuk investor! Anything else?
Selain hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, KEK juga menarik bagi investor karena diperbolehkannya warga asing atau badan usaha asing untuk memiliki hunian atau properti di KEK pariwisata. Warga asing tersebut diberikan hak pakai selama 30 tahun dan dapat diperbaharui.


Saham Top Gainer hari ini:
$TOWR (+4,98%)
$BRPT (+4,27%)
$MNCN (+4,13%)
$MDKA (+3,66%)

Saham Top Loser hari ini:
$WIIM (-7,00%)
$BUMI (-6,15%)
$TKIM (-5,89%)
$UNTR (-4,65%)

Performa sektor hari ini:
CONSUMER (+0,12%)
INFRASTRUCTURE (-0,03%)
FINANCE (-0,70%)
AGRI (-0,81%)
BASIC-IND (-1,10%)
TRADE (-1,17%)
MINING (-1,25%)
PROPERTY (-1,38%)
MISC-IND (-2,46%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire gif.gif
  • Vale Indonesia ($INCO) akan melakukan kontrol terhadap konsumsi bahan bakar sebagai bentuk penghematan energi dalam mengantisipasi kenaikan harga minyak.

  • Indorama Synthetics ($INDR) merampungkan akuisisi delapan puluh persen Cikondang Kancana Prima (perusahaan tambang emas).

  • Meskipun berada di tengah pandemi, Fast Food Indonesia ($FAST) tetap akan melakukan ekspansi bisnis dengan membuka 25 gerai baru atau lebih di tahun ini.

  • Induk usaha Bumi Serpong Damai ($BSDE), yaitu Sinarmas Land, telah resmi mengakuisisi tiga perusahaan properti terkemuka Indonesia. Perusahaan tersebut ialah Cibubur Permai Lestari, Bhumindo Repenas Jayautama, dan Gunung Indah Permai Lestari.

  • Merdeka Copper Gold ($MDKA) akan melakukan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya satu miliar saham.