♨️Pertamina Pimpin Holding Geothermal / by Stockbit Snips

26 Juli 2021
Photo by: : Liputan 6

Photo by: : Liputan 6

Daily Market Performance 🚀

IHSG

6.106

+0,08%

Coal

146,17

-0,01%

Crude Oil

71,55

-0,74%

Gold

1.809

+0,43%

CPO

4.628

+2,32%

Nickel

19.373

+2,42%

👋 Stockbitor!

BUMN telah menunjuk Pertamina Geothermal Energy (PGE) sebagai pimpinan holding panas bumi. Dalam tahapannya, aset dari PLN G&G dan Indonesia Power (IP) akan menjadi milik PGE. Dokumen terkait pengalihan aset sudah diserahkan dan disepakati oleh Komisi VI DPR, dengan rincian isi dokumen sebagai berikut:

  • Tahap I: Kick-off pembentukan holding BUMN geotermal yang sudah dilakukan pada April - Juni 2021 yang merupakan tahap kajian bersama

  • Tahap II: Tahap persetujuan atas kajian bersama, dilanjutkan dengan transaksi aset hilir PLN G&G dan Indonesia Power kepada PGE yang akan berlangsung pada Juni - Agustus 2021

  • Tahap III: Signing of Conditional Purchase Agreement (SCPA) Pertamina/PLN-Pemerintah terkait saham Geo Dipa Energi milik Kementerian Keuangan yang akan berlangsung pada Agustus - November 2021.

Rencananya, Pertamina Geothermal Energy akan melakukan initial public offering (IPO) di bursa saham pada bulan November 2021. Dengan begitu, PGE akan menjadi perusahaan geothermal pertama milik BUMN yang melantai di bursa saham.

Key Takeaway

Holdingisasi BUMN panas bumi akan membentuk sinergi antara aset geothermal yang dipunyai berbagai BUMN. Sementara itu, IPO akan menambah akses holding ini terhadap tambahan modal yang dibutuhkan untuk intensifikasi kegiatan eksplorasi, produksi, hingga distribusi. Dengan bentuk baru ini, diharapkan komitmen pemerintah mendorong energi baru terbarukan (EBT) makin dekat dengan kenyataan.


World News

🌏 Jatuh Tempo Utang AS yang Kian Dekat

Photo by: Liputan 6

Kabar terkini dari mancanegara:

Amerika Serikat: Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, mengingatkan Kongres untuk menaikkan batas atas utang, yang akan jatuh tempo pada 1 Agustus 2021, sesegera mungkin. Langkah ini diambil untuk menghindari potensi gagal bayar yang dapat menimbulkan bencana keuangan.

Perusahaan startup mobil listrik, Rivian, berhasil mendapatkan 2,5 miliar dolar AS dari penggalangan dana yang dipimpin oleh Amazon.com, Ford Motor, dan T Rowe Price. Sejauh ini, Rivian telah berhasil mengumpulkan total dana sebesar 10,5 miliar dolar AS.

Eropa: Organisasi non-pemerintah, Transport & Environment, mengungkapkan bahwa Eropa telah menginvestasikan 40 miliar euro di 38 pabrik yang dapat menghasilkan 1.000 gigawatt jam baterai per tahun. Investasi ini bertujuan untuk pengembangan produksi baterai yang berbasis di Eropa.

Indonesia: PPKM level 4 resmi diperpanjang sampai 2 Agustus 2021. Terdapat beberapa penyesuaian aturan. Pertama, pasar rakyat yang menjual sembako boleh beroperasi seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat, Selain itu, warung makan dan sejenisnya diizinkan buka sampai jam 8 malam dengan maksimal waktu makan 20 menit setiap pengunjungnya

Musim Laba Q2 2021

🕷️ CLEO & ARNA

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), terdapat beberapa perusahaan yang mengalami peningkatan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020.

Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • $CLEO: Laba bersih Cleo naik 70,7% YoY pada Q2 2020. Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan (+31,3%).

    Sehingga, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba bersih perusahaan naik 41,8% dan pendapatan naik 7,2%. Peningkatan pendapatan ini terutama terjadi pada segmen air minum dalam kemasan bentuk non-botol (+11,96%). Di sisi lain, segmen botol meningkat 4,43%. (IDX)

  • $ARNA: Laba bersih produsen keramik Arwana Citramulia naik 83,7% YoY pada Q2 2020. Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan (+41,8%).

    Sehingga, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba bersih perusahaan naik 83,1% dan pendapatan naik 25,3%. Peningkatan pendapatan ini berasal dari peningkatan kedua segmen utama perusahaan, industri dan distribusi. (IDX)


Agenda Minggu Ini

💰 What to Watch for: This Week

Beberapa data ekonomi yang rilis minggu lalu:

  • Jepang: Tingkat inflasi YoY (0,2%) (Selasa)

  • Indonesia: Suku bunga acuan (3,5%) (Kamis)

  • Indonesia: Pertumbuhan kredit YoY (0,6%) (Kamis)

  • Inggris: Penjualan ritel YoY (9,7%) (Jumat)

Dividend:

  • $ELSA: 10,24 rupiah/lembar (Cum Date: Kamis)

Insider News  

Pemegang saham emiten di atas 5% yang melakukan transaksi pembelian saham (+) atau penjualan saham (-) selama seminggu terakhir:

  • $KEJU: Tudung Putra Putri Jaya -9,52% (19 Juli). Kepemilikan saat ini: 5%. Garuda Putra Putri Jaya +9,52% (19 Juli). Kepemilikan saat ini: 66,07%

  • $BABP: Jabar Indah Propertindo +7,2% (22 Juli). Kepemilikan saat ini: 7,2%

  • $BNBR: Fountain City Investment -4,84% (22 Juli). Kepemilikan saat ini: 13,98%

  • $COCO: Inter Jaya Corpora -2,93% (22 Juli). Kepemilikan saat ini: 38,84%


Saham Top Gainer Hari Ini 🔥

$TOWR

+19,55%

$HOKI

+5,29%

$SCMA

+5,29%

$WOOD

+4,86%

Saham Top Loser Hari Ini 🤕

$MEDC

-4,67%

$CLEO

-4,40%

$SMRA

-4,40%

$TINS

-4,05%

Performa Sektor Hari Ini 📊


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Anak usaha Jababeka ($KIJA), Jababeka International B V, berencana menerbitkan obligasi global sebanyak-banyaknya 350 juta dolar AS. Dana ini akan dipakai untuk penukaranpembelian kembali, atau pembayaran atas surat utang lama

  • Mayora Indah ($MYOR) memproyeksikan bahwa tahun ini, akan terjadi pertumbuhan penjualan sebesar 10,3% yang didukung oleh rencana perluasan pasar ekspor ke berbagai negara, seperti Pantai Gading, Belgia, dan Swiss.

  • Bursa Efek Indonesia memutuskan bahwa Bank Sinarmas ($BSIM) berada di dalam kategori efek yang bergerak tidak wajar karena mengalami peningkatan harga yang di luar kebiasaan (unusual market activity).

  • Hexindo Adiperkasa ($HEXA) menargetkan penjualan alat berat dari April 2021 sampai Maret 2022 mencapai 1.600 unit atau naik 5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

🤔 Frugal Lifestyle, Cara Jitu Menikmati Hidup?

Photo by: stockbit

"Banyak orang mencari keamanan finansial dan menyibukkan dirinya dengan berbagai pekerjaan, bisnis, investasi atau bahkan judi saham. Tapi sedikit yang sadar bahwa sebanyak apapun uang yang anda hasilkan, kamu tidak akan bisa mendapatkan keamanan finansial selama pasak lebih besar daripada tiang."
-
Bennix.

Seringkali orang terlalu berfokus pada mencari sumber pendapatan yang besar tanpa memedulikan pengeluaraan yang masih banyak bocor. Biar kamu gak kayak begini juga, yuk simak tips dari Bennix berikut mengenai frugal lifestyle yang tetap nyaman di sini.

Sekilas Tentang @Bennix

Bennix adalah seorang Chief Digital Officer di Astra Group, investor kualitatif, dan advisor untuk berbagai perusahaan teknologi dan perusahaan investasi global. Bennix sangat percaya jika ilmu investasi itu mudah dan sederhana. Setiap orang, meski tidak punya keahlian akuntansi, juga bisa sukses di bursa saham asalkan mau menggunakan common sense. Kamu bisa temukan insight menarik lainnya dari Bennix di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan
Editor: Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie, Sarah Natassja, Astrid Rahadiani Putri