😨 Potensi PPKM Darurat / by Stockbit Snips

Source: Erik Mclean via Unsplash

Source: Erik Mclean via Unsplash

1.png

πŸ‘‹ Stockbitor!

Seperti yang diberitakan oleh beberapa media masa, Indonesia berpotensi memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKMDarurat. PPKM Darurat diusulkan berlangsung dari Rabu (30/6) besok.

The Straits Times memberitakan sejumlah sektor akan diperketat, antara lain adalah work from home 100% untuk pekerja yang non-esensialdelivery only untuk restoran, dan maksimal 25% untuk kapasitas mal.

Detik juga memberitakan bahwa kegiatan olahraga, sosial, budaya, dan politik yang berpotensi menghadirkan kerumuman banyak orang juga dilarang, rencananya PPKM Darurat hanya akan berlaku di beberapa kabupaten/kota di pulau Jawa dan Bali yang termasuk ke dalam zona risiko tinggi Covid-19.

Key Takeaway  
Jika ini diberlakukan, PPKM Darurat membuat mobilitas masyarakat lebih terbatasi dan berpotensi menekan pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek. Akan tetapi, angka positif Covid-19 diharapkan dapat ditekan dan turun dengan kebijakan ini yang merupakan aspek krusial untuk sistem pelayanan kesehatan dan pemulihan ekonomi kedepannya.


World News

🌏 Warga Italia Tidak Wajib Masker Sejak Kemarin

Source: Adam NiesCioruk

Source: Adam NiesCioruk

Italia: Setelah resmi menjadi zona risiko rendah Covid-19, pemerintah Italia mengizinkan warganya keluar tanpa masker mulai Senin (28/6) kemarin.

Tiongkok: Resmi aktifkan 2 dari 16 unit pembangkit listrik tenaga air. Ini merupakan bendungan pembangkit listrik terbesar ke-2 di dunia. Masing-masing unit pembangkit memiliki kapasitas produksi 1 juta kilowatt.

Filipina: Perusahaan Voyager Innovations berhasil mengumpulkan 167 juta dolar AS pada putaran pendanaan yang diikuti oleh beberapa investor, seperti Tencent Holdings Ltd dan KKR & Co Inc.

Australia: Pemerintah setempat mengumumkan bahwa Australia sedang mengalami stagnasi pertumbuhan populasi dan defisit anggaran yang diperkirakan berlangsung sampai 2060. Hal ini disebabkan oleh kebijakan-kebijakan darurat terkait pandemi Covid-19.


Musim Laba - Q1 2021

πŸ•·οΈ ️️ TLKM & WSKT

Source: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang mengalami peningkatan dan penurunan performa apabila dibandingkan dengan Q1 2020. Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • $TLKM: Laba bersih Telkom naik 2,6% walaupun pendapatan turun 0,7%. Pendapatan turun karena peningkatan pendapatan Indihome (+25%) tidak lebih besar dari penurunan pendapatan dari segmen data dan internet (-0,31%), serta telepon (-26,81%) dan interkoneksi (-10,97%)

    Kenaikan laba bersih salah satunya diakibatkan oleh penurunan beban pajak penghasilan (-7,4%). (IDX)

  • $WSKT: Performa Waskita Karya berbalik dari untung menjadi rugi sebesar 46 miliar rupiah. Hal ini didorong oleh penurunan pendapatan sebesar 35,9%. Penurunan pendapatan terjadi karena turunnya pendapatan dari segmen jasa konstruksi (-18,9%), precast (-64,9%), maupun properti yang lebih besar daripada kenaikan pendapatan segmen jalan tol (+52,48%).

    Performa Waskita Karya ini sudah ditopang oleh adanya pendapatan lain-lain sebesar 652 miliar rupiah, yang di dalamnya termasuk pemulihan piutang. (IDX)

Source: Stockbit


πŸ’Š Uji Klinik Ivermectin Jadi Obat Covid-19

Source: Detik News

Source: Detik News

Sejalan dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memberikan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) terhadap obat cacingIvermectin, untuk menjadi obat Covid-19.

Menurut Kepala BPOM, Penny Lukito, Ivermectin sudah digunakan untuk penanggulangan Covid-19 dalam beberapa publikasi global. Namun, sejauh ini, penggunaannya baru mencapai tahap kerangka uji klnik. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tidak memesan obat ini tanpa resep dokter.

Nantinya,  uji klinik akan dilakukan oleh 8 rumah sakit, di antaranya adalah Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Jakarta, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, dan RS dr. Suyoto Jakarta.

Jika hasil uji klinik bagus, Menteri Erick Thohir mengatakan bahwa pihak pemerintah siap memproduksi obat ini 4,5 juta tablet per bulannya.


2.png
3.png

Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Pinterest

Source: Pinterest

  • Jasa Marga ($JSMR) menjual 14% kepemilikan sahamnya di Marga Lingkar Jakarta kepada anak usaha Astra Internasional ($ASII), Astra Infra.

  • Kapuas Prima Coal ($ZINC) menandatangani perjanjian kredit valas dengan Bank Mandiri senilai 96 juta dolar AS. Dana ini akan digunakan oleh pihak ZINC untuk biaya operasional dan modal kerja.

  • M Cash Integrasi ($MCAS) mengumumkan bahwa bisnis kendaraan listriknya sudah memasuki tahap pengujian.

  • Bank MNC Internasional ($BABP) telah menandatangani kerja sama strategis untuk personalisasi layanan keuangan digital dengan Atome Financial.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan
Editor: Sarah Natassja, Vivi Handoyo Lie, Theodore Henoch ,Astrid Rahadiani Putri, Almer Dzaki