💉 Indonesia Masuk Sepuluh Besar Negara dengan Vaksinasi Terbanyak / by Stockbit Snips

Source: Nasional Kompas

Source: Nasional Kompas

Komoditas 30 Maret.png

Halo Stockbitor,

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, menyampaikan bahwa Indonesia tercatat ke dalam sepuluh negara yang memberikan vaksinasi terbanyak kepada warganya. Hingga Sabtu (27/3), pemerintah Indonesia telah menyuntikkan vaksin sebanyak 10,4 juta dosis.

Keberhasilan ini didukung oleh banyaknya suplai vaksin yang tersedia di Indonesia dan kerja sama yang baik antar stakeholder, seperti kementerian kesehatan, kementerian luar negeri dan kementerian BUMN.

Pemerintah Indonesia telah menargetkan akan mencapai herd immunity dalam lima belas bulan sejak dimulainya vaksinasi pertama pada pertengahan bulan Januari 2021. Untuk mencapai herd immunity, Indonesia membutuhkan 426 juta dosis vaksin.

Selain itu, Bio Farma berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi vaksin Covid-19 dari Sinovac ke angka dua puluh lima juta dosis vaksin per bulan dimulai dari bulan April 2021. Langkah ini diambil setelah dua fasilitas produksi Bio Farma mendapatkan sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)

In other news, Menteri Perhubungan, Budi Karya, diminta oleh presiden Joko Widodo untuk segera memulai pembangunan Pelabuhan Ambon Baru. Nantinya, pelabuhan ini akan mendukung Ambon sebagai sentra lumbung ikan nasional.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Kapal Kargo MV Ever Given Kembali Berlayar

Ever Given.jpeg

Mesir: Terusan Suez kembali bisa dilalui oleh kapal-kapal kargo setelah kapal kargo MV Ever Given kembali berlayar. Kapal kargo MV Ever Given yang karam pada Selasa (23/3) telah memblokir terusan Suez dan menyebabkan 425 kapal kargo mengantre. Kejadian ini diperkirakan menyebabkan kerugian sebesar 9,6 miliar dolar AS setiap harinya.

Singapura: Pemerintah Singapura mendapatkan kompensasi sebesar 76 juta dolar AS dari pemerintah Malaysia. Kompensasi ini diberikan kepada pemerintah Singapura setelah batalnya proyek pembangunan jalur kereta api berkecepatan tinggi.

Rusia: Setelah sepakat dengan pemerintah Rusia, perusahaan asal negeri Tiongkok, Shenzhen Yuanxing Gene-tech co, akan memproduksi enam puluh juta dosis vaksin Sputnik V. Produksi vaksin ini akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Amerika Serikat: Perusahaan jasa keuangan multinasional asal AS, Visa Inc, mengumumkan bahwa telah menerima transaksi uang krypto. Langkah ini diambil setelah meningkatnya permintaan konsumen terhadap transaksi uang digital.


 🕷 #MusimLaba Waskita Karya

WSKT.jpg

Waskita Karya ($WSKT) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri konstruksi dan mempunyai beberapa segmen, yaitu konstruksi, jalan tol, properti dan hotel, produsen beton, dan sewa gedung.

Selain itu, Waskita Karya juga memiliki anak perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), yaitu Waskita Beton Precast ($WSBP).

Sepanjang tahun 2020, Waskita Karya mencatatkan total pendapatan sebesar 16,19 triliun rupiah atau turun 48,42% YoY. Penurunan ini dipicu oleh menurunnya pendapatan dari segmen konstruksi (72% total pendapatan) senilai 59,26%. Sedangkan, Waskita Beton melaporkan total pendapatan sebesar 1,87 triliun rupiah atau turun sebesar 75% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Laba bersih Waskita Karya mengalami penurunan menjadi rugi bersih senilai 9,46 triliun rupiah atau turun 1.022% YoY. Waskita Beton menjadi segmen terbesar yang menyumbang kerugian dengan rugi bersih senilai 5,36 triliun rupiah atau turun 765%.

Tertundanya berbagai proyek dikarenakan pandemi Covid-19 membawa dampak negatif terhadap pendapatan perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi.

Sepanjang tahun 2020, Waskita Karya telah melakukan divestasi terhadap dua aset yang dimiliknya, yaitu tol Semarang-Batang dan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Dari hasil divestasi, ini Waskita berhasil mendapatkan total dana senilai 2,32 triliun rupiah.

Selain itu, kas dan setara kas Waskita Karya sepanjang tahun 2020 turun 87% menjadi 1,21 triliun rupiah. Penurunan ini terjadi karena Waskita Karya melakukan pembayaran pinjaman bank, pembayaran beban keuangan, dan pembayaran surat utang jangka menengah.

Total utang Waskita Karya pada tahun 2020 turun sebesar 9,59% YoY menjadi 64,1 triliun rupiah.


Saham Top Gainer hari ini:
$WIIM (+4,97%)
$TPIA (+2,73%)
$PNBN (+1,84%)
$ACES (+1,62%)

Saham Top Loser hari ini:
$PTPP (-6,78%)
$WSKT (-6,75%)
$TKIM (-6,29%)
$ERAA (-6,12%)

Performa sektor hari ini:
BASIC-IND (-0,70%)
CONSUMER (-1,40%)
INFRASTRUCTURE (-1,49%)
FINANCE (-1,52%)
MISC-IND (-1,80%)
MINING (-1,81%)
TRADE (-1,92%)
AGRI (-2,38%)
PROPERTY (-2,55%)



Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Semen Indonesia ($SMGR) akan membagikan dividen tunai sebanyak 40% dari laba bersih, atau sebesar 1,12 triliun rupiah.

  • Melalui anak usahanya, Panca Amara Utama, Surya Esa Perkasa ($ESSA) berhasil refinancing fasilitas pinjaman berjangka panjang sebesar 495 juta dolar AS.

  • Bank Central Asia ($BBCA) akan membagikan dividen tunai sebanyak 48% dari laba bersih, atau sebesar 530 rupiah per lembar saham.

  • Zyrexindo Mandiri Buana ($ZYRX) berhasil mendapatkan dana sebesar 83,33 miliar rupiah hasil dari penawaran umum perdana (IPO) Dana tersebut akan digunakan untuk tambahan modal kerja dan capex.

  • Inti Bangun Sejahtera ($IBST) akan mendapatkan dana senilai 3,98 tirliun rupiah dari hasil penjualan tiga ribu menara kepada Tower Bersama ($TBIG). Dana ini akan digunakan oleh IBST untuk melunasi sebagian utang dan pengembangan usaha.


Penulis: Michael Owen Kohana
Editor: Irfan Januar, Florie Aurantia, Calvin Kurniawan