๐Ÿ’ธ Menuju Penerapan Skema Multitarif PPN / by Stockbit Snips

Source: Irfan Hakim via Unsplash

Source: Irfan Hakim via Unsplash

komoditas 7 mei 2021.png

Halo Stockbitor, 

Demi mendukung target konsolidasi fiskal pada tahun 2023, pemerintah berencana untuk memberlakukan skema multitarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang akan dimulai per 2022. Upaya ini dilakukan untuk merombak skema tarif tunggal yang berlaku di Indonesia, yaitu sebesar 10%.

Dalam skema tersebut, penentuan besaran tarif didasarkan pada jenis barang. Contohnya, tarif PPN akan jauh lebih rendah untuk kebutuhan pokok dibandingkan dengan barang jenis lain atau barang mewah. Dengan kata lain, tarif yang diberlakukan akan lebih beragam sesuai porsi kebutuhan yang paling primer untuk masyarakat.

Wacana ini berupaya untuk menekankan adanya keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat. Namun, penerapan multitarif sendiri masih menimbulkan kontra dari sejumlah pengamat ekonomi, seperti berkurangnya efisiensi PPN, menyebabkan distorsi kegiatan ekonomi, dan menimbulkan ketidakpuasan dari sisi produsen.


World News

๐ŸŒ Uni Eropa Minta Indonesia Hapus 98% Tarif

Source: Pontas

Uni Eropa: Uni Eropa minta Indonesia hapuskan 98% tarif dalam perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Britania Raya: Menurut Bank of England, perekonomian Inggris akan mengalami pertumbuhan tercepat dalam 70 tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh rencana pencabutan restriksi Covid-19 pada tahun 2021.

Amerika Serikat: AS umumkan dukungan pelepasan sementara hak paten vaksin Covid-19.

Global: Anggota G-7 layangkan kritik pedas kepada Tiongkok atas pelanggaran HAM dan penggunaan pengaruh ekonomi untuk mengancam pihak lain.


Musim Laba - Q1 2021

๐Ÿงฑ Semen

Source: Reynardo Etenia Wongso via Unsplash

Source: Reynardo Etenia Wongso via Unsplash

Tahun 2021 dikenal sebagai "tahun pemulihanโ€, terutama untuk perusahaan semen. Pasalnya, industri semen terdiri atas dua segmen, yaitu bulk (digunakan untuk proyek infrastruktur) dan bag (digunakan untuk proyek retail atau properti). 


Namun, pada Q1 2021, permintaan industri semen hanya tumbuh 1,7% karena pemulihan permintaan lebih cepat di sektor properti dibandingkan infrastruktur (segmen bulk -14,4%, bag +7,2%).

Laba bersih dua pemimpin pasar semen di Indonesia, Semen Indonesia ($SMGR) dan Indocement ($INTP), tidak terlalu berubah dibandingkan periode yang sama tahun lalu. ($SMGR +4,9%$INTP -12,3%).

Apabila dibandingkan dengan Q4 2020, laba bersih kedua perusahaan justru turun secara signifikan ($SMGR -60,6%, $INTP -49,1%).

Source: Stockbit

Source: Stockbit

Source: Stockbit

Source: Stockbit

On the other hand, laba bersih Semen Baturaja ($SMBR) naik 128% YoY didukung oleh efisiensi pada beban pokok penjualan. Laba bersih anak usaha Semen Indonesia, Holcim ($SMCB) naik 128,4% YoY, didukung oleh efisiensi pada beban umum dan administrasi serta beban keuangan.

Namun, apabila dibandingkan dengan Q4 2020, laba bersih kedua perusahaan juga turun ($SMBR -85,5%, $SMCB -26,5%).


Berita Lainnya

 ๐Ÿ’‰ Vaksinasi Gotong Royong Libatkan WNA

Source: National Cancer Institute via Unsplash

Source: National Cancer Institute via Unsplash

Pemerintah tetapkan vaksinasi Gotong Royong akan dimulai pasca hari raya Idul Fitri, tepatnya pada tanggal 17 Mei 2021. Vaksinasi Gotong Royong merupakan agenda inisiatif dari para pelaku usaha untuk menanggung biaya vaksinasi bagi para karyawannya, serta membantu pemerintah mempercepat herd immunity. Adapun program ini berfokus pada sektor industri padat karya (manufaktur).

Pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong akan menggunakan vaksin merek Sinopharm. Hingga saat ini, 500 ribu dosis sudah didatangkan sejak awal Mei 2021. Pengadaan vaksin Sinopharm akan terus dilakukan secara bertahap hingga September 2021, dengan total 7,5 juta dosis.

Tidak hanya itu, vaksinasi Gotong Royong juga akan melibatkan WNA untuk menekan potensi penyebaran COVID-19. Hal ini sesuai dengan komitmen pelaku usaha dan pemerintah untuk menjamin seluruh kesehatan pekerja, tak terkecuali pekerja berstatus WNA.


Saham Top Gainer hari ini:
$WOOD (+3,27%)
$MEDC (+2,99%)
$LINK (+2,84%)
$INCO (+2,61%)

Saham Top Loser hari ini:
$BRIS (-4,54%)
$MAPI (-4,43%)
$TINS (-4,24%)
$DMAS (-4,13%)

Performa Sektor hari ini:
IDXHEALTH (+0,16%)
IDXENERGY (-0,04%)
IDXNONCYC (-0,34%)
IDXTECHNO (-0,64%)
IDXPROPERT (-0,70%)
IDXTRANS (-0,70%)
IDXINFRA (-0,73%)
IDXCYCLIC (-0,85%)
IDXBASIC (-0,87%)
IDXFINANCE (-0,96%)
IDXINDUST (-1,14%)


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahuiโ€ฆ

Source: Giphy

Source: Giphy

  • Buana Lintas Lautan ($BULL) akan melakukan rights issue sebesar 1,45 miliar saham dengan nominal 100 rupiah per lembar saham.

  • Bank Negara Indonesia ($BBNI) siapkan 12,9 triliun rupiah untuk penuhi peningkatan kebutuhan nasabah selama libur lebaran 2021.

  • Soho Global Health ($SOHO) akan membagikan dividen sebesar 299,52 miliar rupiah, atau 236 rupiah per saham, untuk tahun buku 2020.

  • Indorama Synthetics ($INDR) berikan fasilitas pinjaman sebesar 240 miliar rupiah kepada entitas anak usaha, Cikondang Kancana Prima (CKP).


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Sarah Natassja, Calvin Kurniawan
Editor: Theodore Henoch, Kevin Phiel Ruben Dalame, Michael Owen Kohana, Almer Dzaki