⛏️ Jabat Tangan RI-Tiongkok dalam Peleburan Tembaga / by Stockbit Snips

Source: Mining.com

Source: Mining.com

unnamed (1).png

Halo Stockbitor, 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menandatangani nota kesepahaman dengan China ENFI Engineering Corporation (ENFI) terkait proyek fasilitas peleburan tembaga yang akan dibangun di Fakfak, Papua Barat.

Nantinya, investasi China ENFI akan didukung oleh Freeport melalui penyediaan bahan baku sebanyak minimal 800 ribu ton setiap tahunnya. BKPM selaku regulator akan membantu perizinan serta insentif fiskal, selama proposal dari China ENFI menguntungkan Freeport.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, mengatakan bahwa industri tambang dan mineral memiliki karakter padat modal, berteknologi tinggi, serta penuh ketidakpastian. Sehingga butuh kajian mendalam untuk memastikan keuntungan yang diperoleh.

Presiden China ENFI Liu Cheng mengapresiasi kesepakatan ini dan berencana mengerjakan studi awal secepat mungkin. Tujuannya adalah agar proyek tersebut dapat berjalan dengan baik dan cepat selesai. Dalam keberjalanan proyek, Liu Cheng memastikan akan merangkul pihak Freeport dan MIND ID.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Biden Tarik Prajuritnya dari Afganistan

Source: CNN International

Source: CNN International

Afganistan: Presiden AS, Joe Biden, berencana untuk menarik 2.500 personil militer AS dari Afganistan. Penarikan ini akan dilakukan sebelum 11 September 2021, dua puluh tahun setelah serangan Al-Qaeda ke menara World Trade Center di New York.

Mesir: Otoritas pengelola terusan Suez mendesak kompensasi kepada pemilik kapal Ever Given sebesar satu miliar dolar AS. Angka ini diklaim sebagai ganti rugi atas kerusakan fasilitas yang ditimbulkan serta hilangnya potensi bisnis dari kapal yang harusnya melewati terusan tersebut.

Jepang: Pemerintah Jepang memutuskan untuk membuang limbah yang telah diolah dari pembangkit nuklir Fukushima Daiichi ke laut lepas. Para ahli berpendapat bahwa zat yang terkandung dalam limbah tersebut tidak berbahaya bagi lingkungan. Keputusan ini diambil sepuluh tahun setelah peristiwa bocornya reaktor Fukushima akibat gempa bumi.

Singapura: Perusahaan ride-hailing, Grab, sepakat merger dengan Altimeter Growth Corp., sebuah special purpose acquisition company (SPAC) sebelum go public di bursa Amerika Serikat. Kesepakatan tersebut bernilai hampir empat puluh miliar dolar AS.

Kanada: Maskapai flag-carrier Kanada, Air Canada, mendapatkan pinjaman dari pemerintah federal senilai 4,69 miliar dolar AS. Tahun lalu, Air Canada merumahkan setengah karyawannya, atau sekitar 20.000 orang. Sebelumnya, Perdana Menteri Justin Trudeau dinilai lambat dalam membantu industri penerbagan domestik yang nyaris kolaps.


 🕷 #MusimLaba Pakuwon Jati & Puradelta Lestari

Source: Liputan6

Source: Liputan6

Pakuwon Jati ($PWON) adalah perusahaan properti yang berfokus di bisnis penyewaan tenant mal, penyewaan dan penjualan kantor, hotel, kondominium, serta rumah tapak. Saat ini Pakuwon memiliki 10 mal, 6 perkantoran, dan 8 hotel yang tersebar di Surabaya, Jakarta, dan Jawa Tengah.

Selama 2020, Pakuwon mencatatkan pendapatan total senilai 3,97 triliun rupiah, turun 44,8% dari tahun 2019. Penjualan kondominium dan kantor yang menurun dari 3,04 triliun rupiah ke 1,19 triliun rupiah menjadi penyebab utama turunnya pendapatan Pakuwon. Pandemi Covid-19 diyakini menjadi faktor utama turunnya minat beli konsumen kondominium dan kantor. Selain itu, efisiensi beban pokok pendapatan juga tidak sedalam turunnya penjualan, sehingga marjin laba kotor ikut terkoreksi dari 56,8% ke 48,8%.

Pada akhirnya, di 2020 Pakuwon membukukan laba bersih sebesar 1,12 triliun rupiah, turun 65,4% dari 3,24 triliun rupiah di tahun sebelumnya.

Berikut adalah informasi lainnya mengenai kinerja Pakuwon selama tahun 2020:

  • Segmen retail leasing menjadi kontributor pendapatan terbesar Pakuwon dengan 44,1%.

  • Pada semester II 2020 Pakuwon meresmikan beberapa proyek, di antaranya membuka Westin Hotel Surabaya, mengakuisisi Hartono Mall Solo, Hartono Mall Jogja, dan Marriott Hotel Jogja, serta membuka Pakuwon City Mall.

  • Pakuwon menargetkan diversifikasi portofolio dengan proporsi 50:50 antara pendapatan recurring dan development.

  • Saat ini Pakuwon memiliki net leasable area (NLA) sebesar 774 km persegi untuk segmen mal dan 155 km persegi pada segmen penyewaan kantor. Net leasable area (NLA) adalah luas area yang disewakan oleh perusahaan.

  • Total land bank yang dimiliki Pakuwon adalah 465,2 ha yang tersebar di Surabaya dan Jakarta. Land bank adalah cadangan lahan yang belum dibangun dan dapat digunakan sewaktu-waktu oleh perusahaan.

Puradelta Lestari ($DMAS) adalah anak usaha patungan antara Sinarmas Land dan Sojitz Corporation yang bergerak di bidang pengembangan kawasan (township development). Di bawah brand Kota Deltamas, Puradelta Lestari mengembangkan kawasan industri seluas 3.185 hektar di daerah Cikarang, Jawa Barat.

Tahun 2020, Deltamas mencatatkan pendapatan sebesar 2,63 triliun rupiah, turun tipis dari 2,65 triliun rupiah di tahun sebelumnya. Terjadi perubahan yang cukup signifikan pada portofolio bisnis Deltamas. Segmen industri menyumbang 94,1% pendapatan tahun 2020, di mana pada tahun sebelumnya hanya sekitar 75,9%. Selain karena pendapatan industri yang tumbuh, hal ini juga disebabkan oleh jatuhnya pendapatan komersial dari 603 miliar rupiah ke 79 miliar rupiah.

Namun, turunnya pendapatan Deltamas tidak diikuti oleh performa laba bersih yang justru naik 0,97% ke 1,35 triliun rupiah dari sebelumnya 1,34 triliun rupiah. Marjin laba bersihnya pun berhasil meningkat dari 51,0% ke 51,8%.

Di bawah ini adalah informasi lainnya mengenai performa bisnis Deltamas selama tahun 2020:

  • Deltamas membukukan marketing sales sebesar 2,39 triliun rupiah, lebih tinggi 19,5% dari target-2 triliun rupiah.

  • Aset perusahaan pada 2020 tercatat sejumlah 6,75 triliun rupiah, lebih rendah 865 miliar dari 2019. Hal ini disebabkan oleh turunnya piutang usaha dan persediaan sebesar 1,72 triliun rupiah. Selain itu, jumlah kas dan setara kas meningkat 708 miliar rupiah.

  • Terjadi peningkatan profitabiltas pada segmen industri, komersial, dan hotel. Namun, segmen residensial dan rental mengalami penurunan.


 📶Uni Eropa Bantu Indonesia Kembangkan 5G

Source: Unsplash/Gilles Rolland-Monnet

Source: Unsplash/Gilles Rolland-Monnet

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, menemui Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, HE Vincent Piket, di Jakarta pada Selasa (13/4) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, terjadi pembicaraan mengenai kerja sama di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), terutama pengembangan 5G dan perlindungan data pribadi (PDP).

Johnny menerangkan konsep penerapan 5G di Indonesia akan menggunakan teknologi yang bersifat netral, alias terbuka bagi pada semua band seluler. Hal ini dimaksudkan agar operator memiliki fleksibilitas dalam mengembangkan jaringan 5G. Selain itu, diskusi tersebut juga membahas pengembangan infrastruktur 5G dan penggunaan komponen lokal untuk mengakomodir peraturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Banyaknya kasus pencurian data dan penjebolan database membuat isu perlindungan data semakin mendesak untuk diregulasi. Saat ini, DPR tengah menyusun RUU PDP dengan menjadikan European Union General Data Protection Regulation (EU GDPR) sebagai patokan. Kendati demikian, nantinya akan terdapat penyesuaian ke dalam konteks Indonesia.


Saham Top Gainer hari ini:
$ERAA (+10,48%)
$RAJA (+6,96%)
$LPPF (+5,94%)
$BTPS (+5,86%)

Saham Top Loser hari ini:
$BULL (-1,93%)
$PTBA (-1,63%)
$UNTR (-1,22%)
$PNLF (-1,00%)

Performa sektor hari ini:
FINANCE (+3,07%)
MISC-IND (+2,44%)
BASIC-IND (+2,05%)
AGRI (+1,85%)
TRADE (+1,58%)
PROPERTY (+1,37%)
INFRASTRUCTURE (+1,32%)
MINING (+1,24%)
CONSUMER (+0,88%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

fire.gif
  • Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mengakuisisi dua tol milik Waskita Karya ($WSKT) senilai 2,065 triliun rupiah melalui skema share swap dan pembayaran tunai.

  • Bank Mandiri ($BMRI) menerbitkan sustainability bond senilai 4,39 triliun rupiah. Rencananya, dana yang terhimpun akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek berwawasan lingkungan.

  • Emiten telekomunikasi Smartfren ($FREN) menerbitkan 39 miliar saham seri C senilai 100 rupiah per lembar saham. Penerbitan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Obligasi Wajib Konversi (OWK) II dan III senilai 3,9 triliun rupiah.

  • Petrosea ($PTRO) mengalokasikan capex sejumlah 85 juta dolar AS yang diperoleh dari kas perseroan dan pinjaman bank. Dana tersebut akan digunakan untuk peremajaan komponen dan meningkatkan kapasitas.


Penulis: Almer Dzaki
Editor: Calvin Kurniawan, Theodore Henoch, Sarah Natassja, Michael Owen Kohana