πŸ“„ 10 Stimulus Baru OJK untuk Emiten / by Stockbit Snips

20 Agustus 2021
Photo by: : Kompas

Photo by: : Chris Liverani via Unsplash

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.030

+0,64%

Coal

170,90

-0,06%

Crude Oil

63,62

-0,09%

Gold

1.781

+0,09%

CPO

4.457

-1,07%

Nickel

18.384

-2,68%

Demi menjaga kinerja pasar modal di tengah pandemi Covid-19, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan kebijakan stimulus baru untuk emiten yang tercantum dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJKNomor 20/SEOJK.04/2021. Kebijakan ini berlaku sejak Selasa (10/8) kemarin. Tercatat ada 10 stimulus baru yang diberikan oleh OJK. Beberapa di antaranya adalah:

  • Perpanjangan batas waktu penyampaian laporan keuangan tahunan (2 bulan) dan tengah tahunan (1 bulan).

  • Perpanjangan jangka waktu pemenuhan kewajiban pengalihan saham hasil buyback. Terutama apabila terjadi kondisi pasar yang berfluktuasi secara signifikan berdasarkan penetapan OJK.

  • Perubahan syarat kondisi keuangan saat private placement. Terutama untuk perusahaan yang terdampak pandemi Covid-19. Kondisi keuangan yang dimaksud:

    • Mengalami penurunan pendapatan berdasarkan laporan keuangan tahunan terakhir dibandingkan laporan keuangan tahunan periode sebelumnya.

    • Memiliki liabilitas lebih dari 70% dari aset berdasarkan laporan keuangan terkini yang tersedia untuk masyarakat. Sebelumnya, batas minimal berada pada angka 80%.

    • Memiliki current ratio (yang dihitung dari aset lancar dibagi liabilitas jangka pendek) kurang dari 110%.

Key Takeaway

Perubahan syarat private placement akan mempermudah emiten yang memiliki kesulitan finansial untuk menghimpun dana tambahan, sehingga lebih bisa mereka lebih mampu untuk bertahan.

Selain itu, aturan soal buyback juga bisa memberikan support lebih banyak terhadap harga saham karena perusahaan punya jangka waktu lebih panjang untuk memenuhi kewajiban pengalihan hasil buyback. Di sisi lain, investor butuh waktu yang lebih lama untuk melihat performa perusahaan karna perubahan batas waktu penyampaian laporan keuangan yang diperpanjang.


Berita Korporasi

πŸ”’ Rencana RMBA Go Private

Photo by: FAC
  • $RMBA: Bentoel Internasional Investama, emiten grup rokok Bentoel Group, berencana untuk mengembalikan status perusahaan dari perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup (go private). Direksi menyatakan bahwa jumlah saham yang dimiliki oleh investor publik saat ini hanya mencapai angka 7,52% dari modal ditempatkan perseroan sehingga saham dianggap relatif tidak likuid.

  • $TLKM: Telkom Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman dengan Microsoft Indonesia pada Kamis (19/8) kemarin. Kedua perusahaan ini akan bekerja sama dalam pembangunan intelligent infrastructure, pengembangan talenta digital, dan akselerasi transformasi digital Grup Telkom.

  • $BCAP: MNC Life (MLIFE), perusahaan milik MNC Kapital Indonesia melakukan rebranding aplikasi asuransi digitalnya yang sebelumnya bernama Hario menjadi MotionInsure. Hal ini dilakukan untuk memperkuat integrasi digital di portofolio perusahaan.

  • $BBKP: Bosowa Group telah mencabut tuntutannya kepada KB Kookmin dan Otoritas Jasa Keuangan di pengadilan negeri terkait sengketa pemegang saham pengendali Bank KB Bukopin. Dengan ini, sengketa antara Bosowa Group, KB Kookmin Bank, dan OJK sah berdamai secara hukum.


Musim Laba Q2 2021

πŸ•·οΈ ERAA & MIKA

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), beberapa perusahaan  mengalami peningkatan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $ERAA: Laba bersih Erajaya Swasembada naik dari 11 miliar rupiah menjadi 280 miliar rupiah pada Q2 2021. Kenaikan laba ini disebabkan oleh peningkatan pada pendapatan (+57,8%) dan pengurangan beban usaha (-25,5%).

    Dengan begitu, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 392,4% menjadi 559 miliar rupiah. Kenaikan ini didukung oleh meningkatnya pendapatan dari penjualan smartphone dan tablet (+59,6%), komputer dan elektronik lainnya (+63,1%) dan aksesoris lainnya (+51,2%). Selain itu, pendapatan lain seperti dukungan promosi, pendapatan komisi, keuntungan selisih kurs, dan lain-lainnya juga berkontribusi (+40,5%) dalam peningkatan laba perusahaan. (IDX)

  • $MIKA: Laba bersih Mitra Keluarga naik 232,9% YoY menjadi 300 miliar rupiah pada Q2 2021. Kenaikan laba ini disebabkan oleh peningkatan pada pendapatan (+109,3%) dan gross profit margin yang sebelumnya pada Q2 2020 sebesar 41,62% menjadi 52,78% pada Q2 2021.

    Sehingga, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 113,3% menjadi 616 miliar rupiah. Kenaikan ini didukung oleh meningkatnya pendapatan pada segmen rawat inap (+70,18%) dan rawat jalan (+57,59%). (IDX)


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$IMAS

+24,60%

$ESSA

+8,64%

$SCMA

+9,86%

$TBIG

+7,77%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$ELSA

-2,40%

$ADRO

-2,32%

$CTRA

-2,33%

$PNBN

-1,95%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Other News

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Anak usaha Humpuss Intermoda Transportasi ($HITS), GTS Internasional (GTSI), akan melantai di pasar modal. Perusahaan akan melepas 2,86 miliar saham baru dalam initial public offering (IPO) dan berencana untuk mengumpulkan dana sebesar 286 - 429 miliar rupiah.

  • Raksasa internet asal Tiongkok, Baidu Inc., berhasil mengumpulkan dana sebesar 1 miliar dolar AS dari penjualan obligasi AS yang akan digunakan untuk membayar utang dan mendanai proyek. Transaksi dalam bentuk obligasi dolar ini merupakan pertama kalinya bagi perusahaan tersebut.

  • Goldman Sachs melakukan ekspansi dengan membeli NNIP, anak usaha NN Group, perusahaan asuransi asal Belanda, dengan harga 1,98 miliar dolar AS. Kesepakatan ini merupakan akuisisi terbesar yang dilakukan perusahaan sejak David Solomon menjadi Chief Executive pada tahun 2018.

  • Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob ditunjuk untuk menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia yang ke-sembilan pada rapat Jumat (20/8) tadi. Ismail Sabri akan dilantik pada Sabtu (21/8) siang di Istana Negara.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ” Me vs Hype

Photo by: stockbit

"Saya selalu, dan akan terus mencoba melawan hype yang terjadi di bursa kita. Bukan berarti gak ikutan sepenuhnya, hanya saja, mengimbanginya dengan kontrol porsi dan psikologi yang tepat." β€” Ricky2212

Pelajaran berharga tentang bagaimana keserakahan dapat  menjerumuskan seorang investor dalam lubang kekalahan. Selengkapnya di postingan ricky2212 yang bisa kamu baca di sini!

Sekilas tentang Ricky2212
Ricky2212 dikenal sebagai investor yang gemar menganalogikan investasi saham berdasarkan pengalamannya sehingga membuat tulisannya dapat relate dengan orang banyak. Seorang Full-time dan quality investor ini banyak berpedoman pada fundamental perusahaan serta memiliki manajemen keuangan dan psikologis yang baik dalam berinvestasi. Kamu bisa temukan insight menarik lainnya dari Rizky2212 di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Sarah Natassja
Editor: Vivi Handoyo Lie, Almer Dzaki, Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan, Astrid Rahadiani Putri,