Bagaimana Cara Membangun Habit Investasi? / by Dedi Utomo

habits.jpg

Belum lama ini, Stockbit berbicara tentang berinvestasi sedikit demi sedikit atau investasi dalam jumlah banyak sekaligus. Investasi lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan. Bicara investasi dalam jumlah kecil secara rutin, maka kita bisa sebut sebagai Habit Investasi. Untuk berinvestasi secara teratur, kamu perlu memastikan investasi adalah sebuah kebiasaan jangka panjang yang berkelanjutan.

Habit adalah suatu hal yang menyenangkan karena mudah sekali dilakukan tanpa berpikir lagi, seolah sudah terprogram dalam diri kita. Menyikat gigi, merapikan tempat tidur, mengunci pintu depan rumah, ini adalah hal-hal yang sebagian besar dari kita tidak perlu berpikir lagi ketika melakukannya.

Berinvestasi bisa juga jadi habit kamu. Berikut ini beberapa kiat untuk membantu kamu menjadikan investasi sebagai sebuah habit.

Mulai dengan jumlah kecil

Ini sangat penting untuk membentuk kebiasaan. Ketika kamu baru saja mulai membangun kebiasaan, ini adalah tentang membangun sebuah rutinitas dan behavior.

Kalau bisa jangan berinvestasi ratusan juta seminggu ketika kamu baru mulai membangun habit berinvestasi. Mulailah dari yang sangat kecil, bahkan 100.000 seminggu. Biasakan ritual mengeluarkan uang dari rekening bank kamu masuk ke saham. Dengan begitu, tidak pernah terasa terlalu menyakitkan, jadi lebih mudah untuk tetap melakukannya. Kamu dapat meningkatkan jumlahnya ketika kamu sudah merasa nyaman.

Tetap konsisten

Satu hal utama tentang habit adalah Habit tersebut sama setiap kali kamu melakukannya. Kamu tidak mengunci pintu dengan cara yang berbeda setiap hari dan kamu mungkin memasak makan malam pada waktu yang sama setiap hari.

Kamu harus mengikuti petunjuk ini ketika menciptakan habit investasi, konsistensi adalah kunci untuk menciptakan habit. Jumlah yang kamu investasikan, hari berinvestasi, bahkan jam saat kamu melakukan pembelian, semakin konsisten kamu membiasakan, semakin mudah mudah untuk terus melakukan.

Ini juga sangat cocok dengan konsep Dollar Cost Averaging, yaitu ketika kamu berinvestasi dalam jumlah yang sama secara teratur, terlepas dari berapapun harganya, ini adalah cara yang bagus untuk berinvestasi secara konsisten dan melindungi diri kamu dari naik turunnya pasar saham.

Gabung dengan Komunitas

Kebanyakan hal lebih mudah ketika kamu menjadi bagian dari sebuah komunitas, dan menjadikan investasi sebagai sebuah kebiasaan tanpa terkecuali.

Riset menunjukkan bahwa 63% orang yang memiliki saham merasa nyaman berbicara tentang uang dengan teman dan keluarga, dibandingkan dengan hanya setengah dari orang yang tidak memiliki saham. Ini berarti bahwa berbicara dengan orang lain tentang pengalaman berinvestasi kamu dapat membuat investasi menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Jadi, dapatkan satu atau dua teman, dan mulailah kebiasaan berinvestasi bersama. Kamu akan memiliki seseorang untuk membandingkan kinerja investasi, bahkan bisa dijadikan sebagai sebuah kompetisi bersahabat, dan kamu akan meminta pertanggungjawaban satu sama lain. ini tidaklah buruk.

Bersikap baik kepada diri sendiri

Kamu akan terpeleset di sana-sini. Kamu mungkin lupa mentransfer uang, memilih saham yang salah, membeli sekaligus dan lain-lain. Ketika kamu melakukan ini, jangan menyerah! Hidup ini penuh dengan kesibukan. Lebih baik tergelincir sekali, lalu kembali ke habit kamu, dari pada tergelincir sekali, lalu menyerah selamanya.

Mulai hari ini!

Jadi, sekarang setelah kamu memiliki beberapa tips yang baik, saatnya untuk memulai. Jika kamu memiliki tips pembentukan Habit Investasi yang lebih hebat, jangan lupa beri tahu kami.

Yuks mulai dari Stockbit