Magic Formula: Resep Ajaib Joel Greenblatt dalam Berinvestasi Saham / by Dedi Utomo

Greenblatt Magic Formula-sebuah formula ajaib untuk mengalahkan pasar

Magic Formula.jpg

Joel Greenblatt adalah manajer sebuah perusahaan hedge fund sukses bernama “Gotham Capital” dan profesor di Columbia University Graduate School. Pada tahun 2006 ia menerbitkan buku terlaris berjudul “The little book that beats the market” , sebuah buku yang ditulis untuk mengajarkan karyawannya cara menghasilkan uang.

Dalam buku tersebut, dia mengajak orang untuk mengelola uang mereka sendiri dan menginvestasikannya sendiri. Kebanyakan orang mempercayakan uang mereka kepada para profesional, tetapi Greenblatt mengamati bahwa kebanyakan dari mereka tidak bisa mengalahkan pasar (underperform).

Mereka membuat investasi terdengar cukup rumit, tetapi seperti Greenblatt jelaskan, investasi saham sebenarnya cukup sederhana. Dia merancang model yang dikenal dengan Greenblatt Magic Formula. Model ini sangat sederhana dan dapat diimplementasikan dengan mudah oleh semua orang dan telah terbukti mengalahkan pasar secara signifikan di masa lalu.

Menurut Greenblatt, kamu harus tertarik pada 2 hal ketika menginvestasikan uang ke dalam saham.

Membayar dengan harga yang murah

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membeli bisnis yang menghasilkan lebih banyak dibandingkan dengan harga yang kamu bayar. Dengan kata lain, kamu harus membeli perusahaan dengan hasil pendapatan yang relatif tinggi.

Membeli bisnis yang bagus

Kamu harus membeli perusahaan dengan Return on Capital yang relatif lebih tinggi.

Menggabungkan 2 poin ini adalah rahasia untuk menghasilkan banyak uang.

Dengan menghilangkan perusahaan yang mendapatkan ROC kecil, rumus ajaib dimulai dengan sekelompok perusahaan yang memiliki ROC yang tinggi. Kemudian mencoba untuk membeli perusahaan-perusahaan di atas rata-rata dengan harga di bawah rata-rata.

-Joel Greenblatt-

Untuk mengidentifikasi perusahaan pilihan Greenblatt, peringkat saham berdasarkan 2 faktor:

  1. Earnings Yield

    Berapa banyak penghasilan bisnis dibandingkan dengan harga pembeliannya.

  2. Return on Capital (ROC)

    Berapa banyak penghasilan bisnis dibandingkan dengan modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.

Magic Formula2.jpg.png

Peringkat perusahaan-perusahaan ini berdasarkan masing-masing rasio ini secara individual. Kemudian jumlahkan masing-masing skor dan beri peringkat pada skor gabungan.

Magic Formula=Rank(Rank(Earnings Yield)+(Rank(ROIC))

Hasil perhitungan ini adalah skor Magic Formula. Jadi jika suatu saham berada pada peringkat 20 untuk ROC dan berada pada peringkat 6 untuk Earnings Yield, maka saham tersebut memiliki skor 26.

Jika Earnings Yield atau ROC tidak dapat dihitung karena data yang tidak tersedia, perusahaan mendapat skor 99999. Perusahaan dengan skor Magic Formula terendah adalah yang harus kamu investasikan sesuai dengan teori Greenblatt.

Investasikan pada 20-30 perusahaan teratas, akumulasi dalam 2-3 posisi per bulan, selama periode 12 bulan. Sesuaikan (rebalancing) kembali portofolio kamu setahun sekali. Formulanya tidak akan mengalahkan pasar setiap tahun, tetapi bisa kamu terapkan jika terbukti benar selama 3 hingga 5 tahun.

Sebagai tambahan, metode ini tidak cocok untuk diterapkan pada perusahaan perbankan, karena bisnis perbankan secara alamiah menyebabkan debt/utang yang tinggi sehingga terjadi bias ketika menerapkan metode ini.

Screener saham dengan metode Greenblatt Magic Formula sudah tersedia di Stockbit lho, kamu tinggal memilih saham-saham yang masuk kriteria Greenblatt di Stockbit. Dapatkan akses gratis terhadap fitur ini dengan buka rekening saham di Stockbit.

Baca juga: Screener - Cari Saham Terbaik Untuk Investasi Kamu

Referensi : www.valuesignals.com